Wonderfood Museum Penang, Serunya Mengenal Seluk Beluk Makanan

Wonderfood Museum Penang, Serunya Mengenal Seluk Beluk Makanan

Bagi traveler muslim yang sedang berkunjung ke Penang, jangan lupakan untuk mengunjungi Wonderfood Museum di Penang yang unik dan menarik. Museum ini mengajarkan pengunjung untuk mengenal seluk beluk makanan, mulai dari sejarah, kalori makanan hingga apa yang terjadi ketika makanan menjadi busuk. 

 

Replika Makanan Menarik

Saat pertama kali datang ke Wonderfood Museum Penang yang bertempat di Lebuh Pantai, George Town, Penang, Malaysia ini, kamu akan menemukan replika semangkuk cendol besar di depan pintu masuk. Ternyata, replika makanan lainnya masih ada lagi di dalam museum. 



 

Mulai dari makanan tradisional Malaysia seperti Nasi Lemak, Laksa, Kue Tradisional hingga Teh Tarik bisa kamu lihat di sini. Bentuk replika yang detail dengan warna-warni mencolok pas banget untuk dijadikan latar belakang foto. 



 

Penjelasan Mengenai Makanan Malaysia

Di museum ini banyak diberikan berbagai pengetahuan mengenai makanan, seperti pengetahuan mengenai sejarah makanan di Malaysia yang mengalami akulturasi dari berbagai budaya, mulai dari Tiongkok, India, Inggris, Portugis hingga Borneo. Berbagai kebudayaan itu membuat makanan Malaysia kaya citarasa. 

 

Ada pula penjelasan mengenai cara makan orang Malaysia yang lengkap, mulai dari makan pagi, menyantap cemilan pagi, makan siang, malam juga makan tengah malam. Kamu juga bisa melihat replika dan penjelasan mengenai makanan yang sudah jarang kita temukan, misalnya Yusheng, sejenis salad ikan mentah dari kebudayaan Tiongkok.



 

Quotes Makanan yang Bisa Dikutip

Ada banyak quotes mengenai makanan yang ada di berbagai dinding. Tentang mencintai makanan, tentang makanan favorit dan banyak lagi. Jeli-jeli deh melihat, maka kamu akan mendapat latar belakang foto yang bagus. 

 

Kalori dalam Makanan

Di bagian akhir museum, pengunjung akan disuguhi data mengenai jenis kalori yang terkandung dalam makanan. Mulai dari kalori dalam segelas minuman soda, dalam nasi lemak hingga akhirnya berapa menit olahraga yang harus dilakukan untuk membakar makanan atau minuman yang kita konsumsi. Pengetahuan berharga buat yang mau diet, nih!

 

Pesan Berharga

Museum unik ini menarik untuk dikunjungi agar kita tahu bagaimana cara menghargai makanan. Menuju pintu keluar museum ada sebuah instalasi seorang anak perempuan yang duduk dengan kepala menunduk sambil menyantap makanan sisa. Instalasi ini menggambarkan bahwa kita semua harus menghargai makanan, dan tidak semua orang beruntung bisa makan makanan yang diinginkan. 



 

Asri Mirza

Foto: Asri