Wisata Ramah Muslim di Seoul ala Kimbab Family

Wisata Ramah Muslim di Seoul ala Kimbab Family

Kimbab Family, keluarga yang terdiri dari istri asal Indonesia dan suami asal Korea Selatan sering membagikan video keseharian mereka di YouTube. Pertengahan Juni 2021 kemarin, bersama 3 anak mereka, Kimbab Family membuat video jalan-jalan seharian keliling Seoul, Korea. Serunya lagi, saat jalan-jalan kali ini Kimbab Family pergi ke tempat wisata ramah muslim. Kemana saja?



1.Deoksugung Palace

Kimbab Family melakukan hal yang biasanya dilakukan turis. Mereka menyewa hanbok (baju tradisional Korea) dan memakainya ke Istana Deoksugung. Istana Deoksu adalah salah satu dari Lima Istana Utama Dinasti Joseon. 


Karena memakai hanbok, Kimbab Family gratis masuk ke dalam istana. Tapi buat kamu yang tidak memakai hanbok bisa membayar 500 KRW untuk anak-anak dan 1.000 KRW untuk dewasa saat masuk ke Istana yang terdiri dari bangunan kayu dan bergaya barat. 



2.Restoran Osegyehyang 

Restoran yang terletak di daerah Insadong ini menyediakan makanan vegan/vegetarian yang  ramah untuk muslim. Makanan yang disantap Kimbab Family adalah makanan Korea yang terlihat lezat. Ada Bibimbap, Mandu, Jajangmyeon, Sup Daging, Bulgogi dan aneka makanan pendamping. 


Meski ini adalah restoran vegan, tapi Kimbab Family bisa menyantap bibimbap dengan daging vegan yang terbuat dari kacang dan rasanya enak. Ternyata Suji, Yunji dan Jio ketiga anak Kimbab Family pun menikmati menyantap makanan vegan. 



3.Coex Mall

Kimbab Family mengunjungi Starfield Library. Perpustakaan dengan rak buku menjulang sampai ke langit-langit ini memang sangat terkenal. Selain membaca, pengunjung juga bisa berfoto di banyak spot. Saking cantiknya, perpustakaan ini pernah muncul dalam beberapa drama Korea, salah satunya Youth of Record yang dibintangi Park Bo Geum.


Kimbab Family juga memperlihatkan mushola yang terletak di lantai 3 dekat Hall Room E Coex Mall. Fasilitas di mushola ini lengkap, mulai dari Al Quran, petunjuk kiblat, mukena, sejadah dan ada pemisah antara tempat solat wanita dan laki-laki menggunakan tirai. Mushola ini buka dari jam 3 pagi sampai jam 10 malam. 



4.Restoran Yang Good

Untuk menyempurnakan jalan-jalan seharian, Kimbab Family mengakhiri dengan makan malam di Yang Good, restoran barbeque halal yang menyediakan daging impor yang segar. 


Daging yang tersedia adalah daging kambing juga ayam. Iga dan sate kambing dibakar di atas panggangan yang terletak di atas meja. Rasa dagingnya yang lembut membuat makan malam menjadi akhir yang menyenangkan. 


Asri

Foto: Instagram @kimbabfamily.official, @yanggood, veganseoul.com, coexcenter.com