Weekend di Dieng. Ini Dia 5 Spot Wisata yang Wajib Dikunjungi

Weekend di Dieng. Ini Dia 5 Spot Wisata yang Wajib Dikunjungi

Nikmati keindahan Dieng saat akhir pekan datang. Ini dia lima tempat di dataran tinggi Dieng yang terletak di provinsi Jawa Tengah yang bisa dikunjungi. 

 

  1. Telaga Menjer

 Di daerah wisata Dieng ada sekitar lima telaga indah yang wajib dikunjungi. Telaga Menjer adalah salah satunya. Telaga yang letaknya paling dekat dengan Kabupaten Wonosobo ini, memanjakan pengunjung dengan pemandangan hamparan biru air telaga yang berpadu dengan hijaunya bukit-bukit yang mengelilingi telaga. Aktivitas utama yang bisa dilakukan di telaga ini adalah naik perahu mengelilingi telaga dengan membayar Rp.10.000,- per orang. Tapi, bagi kamu yang takut air, duduk melamun di pinggiran telaga merupakan aktivitas yang asyik untuk dilakukan. Pemandangan cantik, plus angin semilir akan menemani aktivitas ini. 


 

  1. Telaga Warna

Siap-siap untuk mencium bau sulfur saat mengunjungi Telaga Warna. Hal itu dikarenakan air di Telaga Warna mengandung sulfur yang cukup tinggi. Itu juga yang menyebabkan, warna di telaga ini bisa berubah-ubah. Terkadang berwarna hijau, biru, ungu juga kuning. Selain berfoto di berbagai spotcantik di telaga ini, kamu bisa juga main flying fox. Tapi, tidak disarankan buat yang takut ketinggian!



                  

  1. Candi Arjuna

Meskipun banyak dataran tinggi di Indonesia, tapi suasana di dataran tinggi Dieng lebih istimewa. Mungkin karena Dieng menyimpan jejak sejarah. Di Dieng yang terletak di wilayah Wonosobo dan Banjarnegara, Jawa Tengah, terdapat candi-candi yang berusia lebih dari seribu tahun. Candi-candi ini termasuk salah satu candi Hindu tertua di Jawa dan disebut Kompleks Candi Arjuna.  

Banyak spotfoto menarik di kompleks Candi Arjuna ini. Bangunan candi kuno yang berpadu dengan langit biru adalah pemandangan yang sangat indah. Ada juga orang-orang yang sengaja berdandan seperti tokoh pewayangan agar lebih merasakan suasana kuno dari candi ini. 



 

  1. Kawah Sikidang

Dataran Tinggi Dieng merupakan salah satu kawasan yang memiliki kawah terbanyak di Indonesia, salah satunya adalah Kawah Sikidang. Menuju Kawah Sikidang, pengunjung harus melewati bukit berkapur. Dalam perjalanan, banyak lubang-lubang kecil yang mengeluarkan air panas. Uap kawahnya terlihat seperti melompat-lompat dari lubang kecil yang satu ke lubang lainnya. Mungkin itu sebabnya, kawah ini disebut Sikidang yang berarti kijang, yang suka melompat-lompat. Semakin ke atas bukit berkapur, terdapat sebuah kolam besar dengan air berwarna abu-abu, menggelegak dan mengeluarkan asap tebal. Di sekeliling kolam terdapat pagar dari bambu, agar pengunjung tidak berada terlalu dekat dengan kolam yang sangat panas. Saking panasnya bila kita memasukan telur mentah, hanya dalam waktu 2 menit saja, telur tersebut akan matang. 



 

  1. Bukit Sikunir

Melihat sunrise di Bukit Sikunir adalah primadonanya wisata Dieng. Bukit Sikunir bisa diakses dari Desa Sembungan yang merupakan desa tertinggi di Pulau Jawa. Dari desa itulah, pengunjung mendaki menuju Sikunir. Jalanan trekking menuju Sikunir berupa tangga-tangga yang terbentuk dari batu dan tanah, membuat pengunjung lebih mudah saat mendaki bukit. Sampai di puncak, kelap-kelip bintang bertaburan di langit malam seakan menyambut semua pengunjung. Yang segera digantikan dengan semburat warna oranye, menandakan matahari mulai mengintip dari balik Gunung Sindoro yang berada di depan Bukit Sikunir. Semakin tinggi matahari naik, semakin cantik pula pemandangan dari puncak Sikunir. 




Asri Mirza

Foto: Asri Mirza