Tips Berkunjung ke Kawah Putih Bandung yang Berpanorama Indah

Tips Berkunjung ke Kawah Putih Bandung yang Berpanorama Indah

Kawasan Kawah Putih di daerah Ciwidey, Bandung menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Traveler muslim bisa menemukan danau luas berwarna putih kehijauan yang indah dan magis. 


Untuk menikmati panorama indah ini, traveler muslim bisa mengikuti tips berkunjung ke Kawah Putih agar kunjungan tambah menyenangkan. 


Berikut adalah tips berkunjung ke Kawah Putih:


1. Memakai Masker

Kawah Putih merupakan kawah atau danau yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha pada abad ke-10 dan 12. Kawah putih  mengandung belerang yang cukup tinggi sehingga pihak pengelola menganjurkan pengunjung untuk memakai masker saat mengunjungi Kawah Putih. Bila tidak membawa masker dari rumah, ada penjual masker di gerbang masuk. 


2. Datang Pagi

Kawasan Kawah Putih menawarkan pemandangan yang sangat indah serta udara yang sejuk. Karena itu berkunjung ke Kawah Putih dianjurkan di pagi hari saat udara masih sangat sejuk dan kawasannya belum terlalu ramai oleh pengunjung lainnya. 




3. Cari Spot Foto Menarik

Perpaduan air di Kawah Putih yang berwarna putih kehijauan, tanah yang juga putih serta pohon-pohon yang meranggas membuat Kawah Putih menjadi kawasan yang banyak dicari untuk spot foto. Tidak heran banyak pasangan yang melakukan sesi foto pre-wedding di sini. Travaler muslim yang senang berfoto, juga bisa mencari spot foto di Kawah Putih. Bila jeli, kamu akan menemukan spot foto yang seperti di luar negeri atau bahkan di luar angkasa. 




4. Pakai Baju Tebal

Sejuknya udara di kawasan Kawah Putih bisa mencapai suhu belasan derajat. Karena itu memakai baju tebal akan membuat badan tetap hangat. Dan tentu saja membuat foto-foto kamu terlihat keren dengan baju tebal yang stylish. 


5. Berkunjung di Musim Panas

Kawasan Kawah Putih merupakan kawasan luas dan terbuka. Jarang terlihat ruangan untuk berlindung saat hujan turun. Karena itu saat terbaik untuk berkunjung ke Kawah Putih adalah pada saat musim panas ketika hujan jarang turun. Cuaca pun akan lebih terang tidak terhalang kabut. 




6. Cek Informasi Sebelum Berkunjung

Kawah Putih berada di ketinggian dan dikelilingi hutan yang membuat traveler muslim harus berhati-hati saat berkunjung. Cari tahu informasi mengenai keadaan Kawah Putih sebelum berkunjung, seperti info mengenai kebakaran hutan atau status aktif kawah. 


7. Siapkan Uang Tunai

Harga tiket masuk ke dalam kawasan Kawah Putih adalah Rp.25 ribu per orang untuk wisatawan lokal. Sementara untuk wisatawan asing adalah Rp.75 ribu per orang. Bila traveler muslim membawa kendaraan pribadi berupa mobil diharuskan membayar uang Jasa Lingkungan sebesar Rp.150 ribu per satu mobil. Semua transaksi menggunakan uang tunai. Jadi, siapkan uang tunai saat hendak ke Kawah Putih, ya!


Asri Mirza

Foto: Asri