The Heritage Palace, Daya Tarik Bangunan Bekas Pabrik Gula

The Heritage Palace, Daya Tarik Bangunan Bekas Pabrik Gula

Bangunan bekas pabrik gula ternyata bisa disulap menjadi obyek wisata yang menarik. Tidak percaya? Kunjungi saja Pabrik Gula Colomadu yang menjadi destinasi wisata dengan nama de Tjolomadoe. Lalu ada lagi The Heritage Palace yang dulunya merupakan pabrik gula Gembongan atau pabrik gula Kartasura.


Berawal dari Pabrik Gula 


The Heritage Palace terletak di Kartasura, sebuah kota kecil yang masuk dalam wilayah Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Di kota kecil ini, pada awal abad 19 dibangun pabrik gula yang bernama Pabrik Gula Gembongan atau dikenal juga dengan sebutan Pabrik Gula Kartasura. 


Alih Fungsi Menjadi Destinasi Wisata

Setelah Indonesia merdeka, Pabrik Gula Kartasura beralih kepemilikan. Menurut beberapa sumber, pabrik ini terakhir kali memproduksi gula pada tahun 1981. Sekian lama terbengkalai, Pabrik Gula Kartasura dibuka pada tahun 2018 sebagai tempat wisata bernama The Heritage Palace. 


Tempat wisata ini langsung menjadi perbincangan. Bangunan utama bekas pabrik gula yang megah dengan gaya arsitektur art deco adalah alasannya. 




Kawasan Wisata Favorit

Bangunan berwarna abu-abu yang menyambut wisatawan di The Heritage Palace memang sangat megah. Saat melihatnya, kita seperti sedang melihat bangunan-bangunan di Eropa. 


Pihak The Heritage Palace menyulap bangunan tua itu menjadi bangunan yang menarik. Bangku-bangku taman, mobil-mobil antik, pohon juga lampu taman dihadirkan sebagai pemanis dari bangunan tua. Hasilnya sangat menakjubkan. 




Spot Foto yang Instagramable

Tidak heran banyak wisatawan yang berkunjung memanfaatkan megahnya bangunan tua tersebut sebagai objek foto. Nuansa klasik ala Eropa langsung didapat saat berfoto di sini. Makanya banyak sekali pasangan pengantin yang melangsungkan foto pre-wedding mereka di sini. The Heritage Palace juga menjadi lokasi favorit bagi mereka yang menyukai foto-foto unik untuk dipajang di akun Instagram. 




Wisata Seru Lainnya

Selain berfoto, The Heritage Palace juga mempunyai wahana museum 3D trick art. Ada banyak lukisan 3D seperti lukisan pisau-pisau dapur yang menancap di dinding, lukisan badut yang seperti akan mencengkram, dan banyak lagi. 


The Heritage Palace juga memiliki wahana lainnya, yaitu Museum Industri, Omah Kwalik, Garden Retro Paradise, Convention Hall, serta Kids Town & Food Street. 




Buka setiap hari dengan harga tiket masuk Rp55.000,- The Heritage Palace rasanya wajib masuk dalam list liburan berikutnya. 


Asri Mirza

Foto: Instagram/theheritagepalace