Rice Cracker, Oleh-oleh Favorit dari Jepang. Apakah Halal?

Rice Cracker, Oleh-oleh Favorit dari Jepang. Apakah Halal?


Bagi traveler, salah satu hal menarik untuk dilakukan saat traveling pasti mencoba makanan khas di daerah tujuan. Untuk traveler muslim, hal ini terkadang menjadi kendala karena faktor halal atau tidaknya makanan tersebut. Traveler muslim yang pergi ke Jepang dan ingin mencoba salah satu makanan khas, rice cracker bisa menjadi salah satu alternatif pilihan makanan khas yang halal.

Sayangnya, tidak semua rice cracker di Jepang halal. Padahal, bahan utamanya yang terbuat dari beras membuat kita langsung percaya bahwa cracker ini halal. Masalahnya, selain beras, rice cracker terbuat dari bahan-bahan seperti nasi, kecap, minyak, mirin, dan perisa makanan.

Kandungan mirin inilah yang membuat rice cracker menjadi tidak halal. Mirin merupakan produk fermentasi beras, sama halnya dengan sake. Bedanya mirin memiliki kadar alkohol yang lebih rendah dari sake. Rendahnya kadar alkohol dalam mirin dikarenakan adanya proses pemanasan lebih lanjut setelah terbentuknya sake.

Cara pembuatan mirin cukup mudah yaitu dengan merendam beras dengan jenis tertentu di dalam air. Kemudian dikukus menjadi nasi. Setelahnya ditambahkan ragi dan difermentasi dalam beberapa waktu. Lalu dipisahkan padatan dan cairannya. Cairan ini dipanaskan hingga kadar alkohol tidak terlalu tinggi.

Seperti yang sudah diketahui, sake hukumnya haram dikonsumsi karena tujuan pembuatan sake adalah untuk membuat minuman yang dapat memabukkan.

Selain mirin, bahan yang terdapat di rice cracker lainnya adalah minyak. Di Indonesia, minyak yang lazim digunakan adalah minyak yang berasal dari kelapa sawit atau tumbuhan lainnya. Di luar negeri, sangat lumrah menggunakan minyak dari hewani untuk memasak. Kebanyakan minyak hewani yang digunakan di Jepang berasal dari minyak babi. Bahan berasal dari babi hukumnya jelas haram.

Nah, supaya terhindar dari mengonsumsi makanan yang haram saat traveling ke luar negeri, maka pastikan bahan makanannya sudah halal. Cek terlebih dahulu, apakah makanan tersebut sudah memiliki sertifikasi halal atau tidak.

Untuk rice cracker, ada yang sudah mendapat sertifikat halal dan ada yang tidak. Cek saja kemasannya untuk mendapatkan rice cracker yang sudah mendapat sertifikat halal. Untuk mendapatkan rice cracker dan oleh-oleh halal lainnya, kunjungi saja toko souvenir di daerah wisata seperti daerah Asakusa di dekat gerbang Sensoji Temple. Cek halalstyle untuk dapat informasi terbaru seputar halal.**

Kontributor : Ivvone