Panduan Ke Pratunam, Bangkok: Tempat Belanja, Tempat Solat hingga Makanan Halal

Panduan Ke Pratunam, Bangkok: Tempat Belanja, Tempat Solat hingga Makanan Halal

Kawasan Pratunam di Bangkok, Thailand menjadi salah satu kawasan wajib kunjung saat liburan ke negeri gajah putih. Selain deretan mall dan pasar tradisional yang menjual barang dan baju keren, Pratunam juga menjadi kawasan ramah muslim karena ada masjid dan banyaknya restoran atau kios yang menjual makanan halal. Jadi, ada apa saja di Pratunam?


Platinum Fashion Mall yang Menjual Baju Hits

Mall ini memanjakan semua orang yang memiliki hobi belanja. Bagaimana tidak, sekitar 2.000 toko yang menjual baju desain terkini, berbagai ukuran untuk pria juga wanita dengan harga terjangkau bisa didapatkan di Platinum Fashion Mall. 



Belanja juga tambah menyenangkan di sini, soalnya cuaca Bangkok yang panas tidak terasa karena ada AC di mall ini. 


Saat sedang belanja dan masuk waktu solat, pengunjung bisa menuju mushola di lantai 5 untuk lelaki dan mushola di lantai 2 untuk wanita. 


Pasar Pratunam

Meski banyak mall di daerah Pratunam yang menjual baju serta barang-barang kekinian, mengunjungi Pasar Pratunam tetap menjadi salah satu favorit pengunjung. Meski tidak ada AC, berbelanja di Pasar Pratunam tetap menjadi daya tarik. 


Mulai dari baju, sandal, kaus kaki, tas hingga aksesoris seperti anting bisa dibeli di Pasar Pratunam. Sistem grosir diterapkan di sini, makin banyak yang dibeli, maka makin murah harganya. 




Pasar Pratunam memiliki jam buka beragam. Ada pasar pagi yang buka dari jam 4 hingga jam 9 pagi, lalu pasar yang buka dari jam 7 pagi hingga 3 sore, juga pasar malam yang buka dari jam 7 malam sampai jam 3 subuh. 


Tempat Solat di Kawasan Pratunam

Selain ada mushola di Platinum Fashion Mall, traveler muslim juga bisa melakukan solat di Masjid Darul Aman yang letaknya bisa ditempuh dengan jalan kaki dari Platinum Fashion Mall. 




Masjid Darul Aman berdiri pada tahun 1882, dibangun oleh komunitas Muslim Selatan Thailand. Masjid berlantai dua ini juga letaknya tidak jauh dari Kedutaan Republik Indonesia di Bangkok.


Makanan Halal di Pratunam

Pratunam merupakan kawasan yang menjual banyak makanan halal. Patokannya adalah Hotel Baiyoke. Di sekitar hotel ini, traveler muslim akan menemukan banyak restoran halal, seperti Al Sana Restaurant. 


Kebanyakan adalah restoran India atau Timur Tengah, tapi restoran-restoran ini menyediakan masakan Thailand seperti pad thai, tom yam juga mango sticky rice. Asyiknya lagi di Al Sana Restaurant tersedia mushola untuk traveler muslim. 




Selain restoran, makanan halal juga banyak dijual di kios-kios di sekitar Pasar Pratunam. Ada yang menjual nasi hainam, mie kari, salad Thailand juga nasi ayam goreng. Restoran yang menjual masakan halal biasanya akan memasang logo halal di depan restoran atau kiosnya. 




Asri

Foto: Asri