Mie Lendir, Mie Khas Batam yang Menggugah Selera

Mie Lendir, Mie Khas Batam yang Menggugah Selera

Di Batam, Kepulauan Riau ada satu jenis mie yang terkenal dan wajib dicicipi ketika traveler muslim berkunjung ke Batam. Namanya adalah Mie Lendir yang menjadi favorit masyarakat Batam. Terbukti dengan disantapnya mie ini pada pagi, siang, juga malam hari. 


Kuah Kental yang Menggoda

Pada dasarnya, sajian Mie Lendir menggunakan mie kuning biasa. Satu porsi Mie Lendir disajikan dengan sayur tauge, telur rebus, irisan cabe rawit. Kemudian disiram dengan kuah kental berwarna cokelat yang membuat sajiannya seperti lendir. 


Kuahnya berasal dari campuran beberapa bahan, seperti kacang tanah dan ubi jalar. Tambahan telur ayam kampung yang direbus juga menjadi ciri khas jajanan yang satu ini.



 

Asal Mula Mie Lendir

Meski berasal dari tanah Melayu, namun Mie Lendir konon pertama kali dibuat oleh orang Jawa. Namanya Pak Sailun, seorang pendatang asal Jawa yang menjual mie ini dengan cara berkeliling. 


Mie Lendir tadinya dikenal dengan nama Mie Pak Sailun, namun karena tampilan mie yang seperti lendir, lama kelamaan, sajian ini pun disebut Mie Lendir. 



Rekomendasi Mie Lendir

Rasa khas Mie Lendir bisa traveler muslim coba dengan mencicipinya di Kedai Kopi Haru Manis yang beralamat Komp. Bumi Indah Blok F No. 10, Nagoya, Batam, Kep. Riau.


Kedai yang selalu dikerumuni pengunjung ini sudah mengantongi sertifikat Halal dari MUI. Jadi bisa menikmati Mie Lendir tanpa was-was. 


Yunita

Foto: wisatago.com, enjoybatam.com