Mengunjungi DMZ, Kawasan Netral Korea Selatan dan Utara

Mengunjungi DMZ, Kawasan Netral Korea Selatan dan Utara

DMZ (Zona Demiliterisasi) merupakan kawasan netral hasil perjanjian Gencatan Senjata Perang Korea yang ditandatangani tanggal 27 Juli 1953 yang membentang sejauh 2km ke utara dan selatan di bagian tengah semenanjung Korea. Setelah menjadi area terbatas beberapa dekade, kawasan ini kini menjadi destinasi wisata yang menarik. Ada objek wisata apa saja yang ada di DMZ? Simak yang berikut ini!






Taman Imjingak

Taman ini merupakan salah satu dari sedikit lokasi wisata DMZ yang dibuka untuk semua pengunjung tanpa ada kewajiban proses aplikasi apapun. Di taman ini ada bangkai kereta yang menjadi saksi perang saudara antara Korea Selatan dan Korea Utara. Ada juga karya seni yang didedikasikan untuk perdamaian dan persatuan Korea. 


Camp Greaves

Tempat ini merupakan bekas markas tentara Amerika Serikat ketika perang saudara terjadi. Setelah tentara Amerika pergi, tempat ini direnovasi menjadi experience site DMZ yang dilengkapi fasilitas penginapan. Drama Korea terkenal Descendants of the Sun berlokasi di Camp Greaves. 


Panmunjeom

Lokasi ini disebut juga Joint Security Area (JSA). Sering ditampilkan dalam film buatan Hollywood membuat Panmunjeom menjadi salah satu lokasi favorit di DMZ. Namun, tidak selamanya lokasi ini dibuka untuk umum. Pihak DMZ bisa sewaktu-waktu menutup tempat ini. Di Panmunjeom ini presiden AS Donald Trump dan Presiden Korea Utara, Kim Jong Un bertemu pada Juni 2019.




Stasiun Dorasan

Stasiun Dorasan merupakan stasiun di ujung utara Korea Selatan. Di stasiun ini pengunjung bisa melihat kondisi stasiun seperti stasiun lainnya di Korea Selatan. Ada loket, papan petunjuk dan lainnya. Lalu ada track kereta menuju Pyongyang, ibukota Korut yang tentu saja tidak beroperasi. Stasiun ini menjadi simbol perdamaian dan persatuan.




Dora Observatorium

Di DMZ ada beberapa observatorium untuk melihat kondisi Korea Utara. Dora Observatorium menjadi salah satunya. Di tempat ini pengunjung bisa melihat Korea Utara dengan teropong. Terkadang ada beberapa petani Korea Utara yang bisa terlihat dari Dora Observatorium. 




Terowongan Ketiga

Ada beberapa terowongan yang dibangun Korea Utara untuk memasuki wilayah Korea Selatan. Di Terowongan Ketiga pengunjung bisa masuk dan merasakan bagaimana rasanya ketika orang-orang Korea Utara masuk ke terowongan. Terowongan ini memiliki medan yang berat (turunan dan tanjakan terjal juga sempit), pengunjung dengan kondisi tertentu disarankan tidak memasukinya. 


Asri Mirza

Foto: Asri