Mengenal Wakame, Rumput Laut Hijau yang Menyehatkan

Mengenal Wakame, Rumput Laut Hijau yang Menyehatkan

Pecinta makanan Jepang atau Korea pasti sudah mengenal wakame. Makanan yang merupakan rumput laut yang dikeringkan ini biasa dipakai untuk campuran sup, salad dan berbagai jenis masakan Jepang dan Korea. Apa lagi yang perlu diketahui dari Wakame? Yuk, cari tahu!


Warna Hijau yang Menarik

Pertama kali melihat Wakame pasti langsung tertarik dengan warnanya yang hijau menarik. Wakame berbentuk tipis dan memanjang, rasanya pun kenyal seperti agar-agar. 


Manfaat Wakame

Seperti sudah diketahui, rumput laut mempunyai segudang manfaat yang menyehatkan. Begitu pula dengan Wakame yang mengandung magnesium, iodine, kalsium, zat besi, serta aneka vitamin seperti A, B2, B6, C, D, E, K yang dibutuhkan tubuh. 


Wakame juga mengandung senyawa penting bernama fucoxhantin yang baik untuk zat antikanker dan antitumor. Fucoxhantin dapat menyembuhkan kanker payudara dan kolorektal kanker.


Olahan Wakame

Wakame banyak dijumpai dalam masakan Jepang, Tiongkok dan Korea. Biasanya disajikan sebagai salad bersama sayuran segar atau berdiri sendiri dan disajikan dengan taburan wijen. Wakame juga biasa dicampurkan ke dalam sup. 


Sebelum dimasak, Wakame kering seperti ranting. Sebelum dipakai, cuci bersih wakame, lalu rendam dalam air mendidih hingga lunak dan mekar kurang lebih 10 menit, lalu tiriskan. Wakame pun siap diolah. 


Asri Mirza

Foto: Agung