Mengenal Masjid Cheng Ho Palembang, Masjid yang Meraih Wisata Halal Terpopuler

Mengenal Masjid Cheng Ho Palembang, Masjid yang Meraih Wisata Halal Terpopuler

Pada ajang Anugerah Pesona Indonesia 2019, Masjid Cheng Ho Palembang memenangkan penghargaan sebagai destinasi Wisata Halal Terpopuler. Kemenangan ini diraih Masjid Cheng Ho Palembang melalui proses voting lewat sms, aplikasi android dan YouTube. Bangunan masjid bernuansa merah ini memang menarik untuk dikunjungi. Apa saja sih, keistimewaan Masjid Cheng Ho Palembang?

 

1.     Dibangun untuk Menjaga Hubungan Baik

Masjid Cheng Ho Palembang dibangun dengan latar belakang untuk menjaga hubungan baik antara masyarakat keturunan Tionghoa dengan masyarakat Palembang. Tidak heran nama masjid menggunakan nama Cheng Ho yang dikenal sebagai panglima angkatan laut Tiongkok pada abad XV, yang melakukan perdagangan dan secara tidak langsung turut menyebarkan Islam di wilayah yang disinggahinya. 



 

2.     Arsitektur Perpaduan 3 Budaya

Masjid ini memiliki arsitektur perpaduan budaya Tiongkok, Palembang dan Arab. Unsur budaya Tiongkok bisa dilihat dari bentuk menara di kedua sisi masjid yang seperti klenteng di Tiongkok. Dicat dengan warna merah mencolok. Sementara unsur Palembang terlihat dengan ornament tanduk kambing yang merupakan ornamen khas Palembang. Unsur Arab tentu saja bisa dilihat dari kaligrafi bertuliskan huruf Arab yang banyak terdapat di Masjid Cheng Ho Palembang. 



 

3.     Menampung Lebih Dari 500 Jamaah

Masjid Cheng Ho terdiri dari dua lantai. Lantai pertama dikhususkan untuk jamaah lelaki dan jamaah perempuan di lantai kedua. Digunakan sejak Agustus 2008, traveler muslim juga bisa menemukan rumah kecil untuk imam, kantor, perpustakaan dan ruang serbaguna di lingkungan masjid yang bisa menampung sekitar 600 jamaan ini. 



 

4.     Bukan Hanya Sekedar Bangunan Ibadah

Fungsi masjid yang berlokasi di Komplek Perumahan Amin Mulia Jakabaring ini lebih dari sekedar tempat beribadah. Masjid ini sering menghelat kegiatan agama dan kemasyarakatan, juga menjadi tujuan wisata. Banyak traveler dari Malaysia, Singapura, Taiwan dan Rusia yang berkunjung untuk melihat keunikan Masjid Cheng Ho Palembang. 



 

Asri

Foto: indonesiakaya.com