Menengok Kemegahan Masjid Sunshine di Australia

Menengok Kemegahan Masjid Sunshine di Australia

Berdirinya sebuah masjid di tempat pemeluk muslim menjadi minoritas tentu menjadi istimewa dan menarik perhatian. Apalagi bila masjid tersebut berdiri dengan cantik dan megah seperti terlihat dari Masjid Sunshine.


Masjid yang berlokasi di daerah Sunshine, Victoria, Australia ini memiliki arsitektur ala Masjid Biru di Turki. Bukan tanpa sebab Masjid Sunshine seperti kembar dengan Masjid Biru, pendiri masjid adalah umat muslim dari etnis Siprus Turki yang tinggal di Australia.


Imigran dari Siprus Turki ini membentuk komunitas dan bertekad untuk mendirikan masjid sebagai tempat ibadah mereka. Perjuangan mereka tidak mudah, mulai dari meminta izin untuk mendirikan rumah ibadah hingga rela menggadaikan rumah mereka sendiri untuk dijadikan pinjaman pembelian lahan masjid. 




Pembangunan masjid dimulai tahun 1992 dan desain oleh arsitek Turki Turkan dan Yilmaz Gursoy. Komunitas Siprus Turki memang ingin membangun masjid dengan desain khas Turki. Maka hadirlah Masjid Sunshine yang arsitekturnya mirip dengan Masjid Biru di Istanbul, Turki. 




Masjid Sunshine yang merupakan masjid terbesar di Australia ini memiliki 17 kubah, 1 menara dan terdiri dari dua lantai. 




Pengaruh Turki terlihat jelas ketika masuk ke dalam masjid. Keramik dengan motif berwarna  cerah menghiasi interior masjid seperti di bagian mihrab. Pada bagian atasnya terlihat hiasan keramik bermotif flora dan di bagian teratas ada tulisan kaligrafi berbahasa Arab. 




Selain sebagai tempat ibadah agama Islam, Masjid Sunshine di Victoria, Australia ini juga membuka diri pada semua kalangan. Di website resmi Masjid Sunshine, membuka info cara untuk mengunjungi Masjid Sunshine bagi siapa saja. Mulai dari pelajar sekolah, grup komunitas juga perorangan. Ada layanan tur bagi yang ingin melihat kecantikan Masjid Sunshine atau bagi yang ingin mempelajari Islam. 


Asri

Foto: sunshinemosque.com.au