Mencicipi Ramen Honolu, Ramen Halal di Osaka Jepang

Mencicipi Ramen Honolu, Ramen Halal di Osaka Jepang


Saat mengunjungi negara baru, mencicipi makanan khas negara tersebut merupakan hal yang wajib. Maka, saat mengunjungi Jepang, tidak ada salahnya mencoba makan ramen. Meski makanan tersebut sudah banyak dijual di Indonesia, namun makan ramen di Jepang tetap memiliki sensasi yang berbeda.

 

Untuk makan ramen saat mengunjungi Jepang, terutama Osaka, kamu bisa mencoba makan di Ramen Halal Honolu. Letaknya yang lumayan dekat dengan Stasiun Namba, salah satu stasiun besar di Osaka membuat resto Ramen Halal Honolu mudah dijangkau.

 

Berjalan sekitar 10 menit dari Stasiun Namba, melewati jalanan khas Jepang yang sepi, resto ramen ini tidak akan terlewat. Pasalnya di bagian depan restoran ada sebuah lampion besar berwarna merah dengan spanduk putih bertuliskan “Muslim Welcome”.

 

Ramen Honolu tidak hanya terletak di Osaka saja. Restoran ramen ini tersebar di beberapa kota besar Jepang dengan Tokyo sebagai pusatnya. Namun, tidak semua restoran ramen ini halal karena restoran yang di Jepang menjual ramen berbahan haram.



 

Untuk di Osaka sendiri, ramen yang dijual halal karena bahan-bahan yang dipakai hanyalah ayam dan sayuran. Meski banyak turis muslim yang datang ke restoran ini, namun orang Jepang sendiri suka menyantap ramen halal ini karena menyukai rasa kaldu ayam dan sayur yang digunakan sebagai bahan ramen halal. Menurut mereka rasanya lebih segar dan ringan.

 

Bagi yang pertama mencoba ramen di restoran ini, cobalah menu spicy fried chicken. Semangkuk besar ramen, dengan kuah yang pedas, irisan ayam, daun bawang serta lembaran nori sangat lezat dimakan saat kuahnya masih panas. Udara Osaka yang dingin langsung hilang saat menyeruput kuah ramen yang mengepul.

 

Restoran ini termasuk kecil, hanya ada meja panjang berbentuk L yang menghadap dapur resto. Saat menunggu makanan datang, pengunjung bisa berinteraksi dengan pekerja restoran, atau melihat aksinya meracik ramen pesanan Bentuk restoran seperti ini sepertinya menjadi ciri khas restoran-restoran di Jepang, karena beberapa kali mengunjungi tempat makan di Jepang, bentuk restorannya kebanyakan seperti ini.

 

Meski sempit, restoran ini menyediakan mushola yang dilengkapi sarung, mukena serta tempat wudhu. Ornamen-ornamen khas Jepang yang menghiasi restoran ini membuat pengunjung betah mengunjungi Ramen Honolu.

 

Bagi yang tidak ingin makan ramen di restoran ini, bisa mencoba masakan lain, yaitu Chicken Rice Bowl yang tidak kalah enaknya dengan ramen yang dijual.

 

Klik HalalStyle untuk mencari info tentang penerbangan dan hotel di Jepang. (asri mirza)