Mencari Makanan Halal dan Tempat Solat di Pasar Chatuchak Bangkok

Mencari Makanan Halal dan Tempat Solat di Pasar Chatuchak Bangkok

Pasar Chatuchak Bangkok adalah tempat belanja yang sangat luas dan serba ada. Kamu bisa menemukan barang apa saja di sini. Di pasar yang buka saat akhir pekan ini, traveler muslim tidak usah khawatir karena makanan halal dan tempat solat mudah ditemukan. 

 

Pasar Chatuchak telah dibuka sejak tahun 1942. Sejak itu Pasar Chatuchak telah menjual berbagai barang, mulai dari baju, buku, furniture juga buah-buahan segar yang dijual di 27 sektor. 



 

Tip dan Trik

Waktu Berkunjung Terbaik

Pasar Chatuchak buka setiap akhir pekan, mulai buka di hari Jum’at jam 6 sore hingga jam 12 malam. Untuk Sabtu dan Minggu, buka mulai jam 9 pagi hingga jam 12 malam. Karena ini adalah pasar di outdoor, maka cuaca panas akan terasa ketika berkunjung. Sebaiknya, kunjungi pasar di sore menjelang malam hari untuk menghindari cuaca yang terlalu panas dan terik. 

 

Bawa Kantong Belanja Sendiri

Meski pedagang menyediakan plastik kantong belanja, tapi sebaiknya kamu bawa sendiri kantong belanja sendiri. Selain zero waste, belanjaan yang kamu beli akan terkumpul dalam satu kantong belanja dan tidak akan tercecer. 

 

Sedia Uang Cash

Karena ini merupakan pasar, maka transaksi kebanyakan dilakukan dengan uang cash. Sebaiknya sebelum pergi ke Pasar Chatuchak, tentukan budget yang akan dihabiskan. Lalu, bawalah uang cash sesuai budget. Oh iya, di beberapa kios di pasar ini berlaku sistem tawar menawar, jadi tawarlah barang dengan harga sesuai. 

 

Mencari Makanan Halal

Traveler Muslim tidak usah khawatir tidak akan menemukan makanan halal di Pasar Chatuchak. Mampir saja ke kedai Saman Islam Food. Letaknya yang dekat dengan tugu jam yang terletak di tengah pasar membuat kedai yang sudah berdiri selama 35 tahun ini mudah dicari. 

 

Saman Islam Food Stall terkenal dengan makanan berkuahnya, salah satunya Tom Yam Seafood yang rasanya benar-benar enak, segar dan berempah. Saat memesan, ibu penjual yang memakai penutup kepala ini akan menanyakan jenis mie untuk isi Tom Yam, ada kwetiau dan bihun. 



 

Lalu, kwetiau, udang besar, cumi, kerang dan berbagai rempah pun tersaji di meja saya. Rasanya segar dan rempah-rempahnya membuat semangkuk Tom Yam Seafood itu terasa lebih lezat. 

 

Menu lainnya tidak kalah menarik. Ada ayam balut tepung, nasi goreng nanas juga dessert yang terkenal dari Thailand, yaitu Mango Sticky Rice (irisan manga yang disajikan dengan nasi ketan bersantan). 



 

Di kedai lainnya, kamu akan menemukan potongan buah segar juga eskrim kelapa yang benar-benar menyegarkan. 

 

Tempat Solat

Buat traveler Muslim yang akan beribadah solat bisa melakukan solat di mushola yang terletak di sektor 27. Temukan lebih dulu Bank TMB atau kantor polisi militer, mushola terletak di bagian belakangnya. Tempat wudhu ada di luar mushola, sebaiknya bawa mukena sendiri karena mushola di Pasar Chatuchak tidak menyediakan mukena.

 

Foto: Bangkok.com, AsiaWebDirect, Halallivingthailand.com