Masjid Kowloon, Masjid Terbesar di Hong Kong yang Cantik dan Megah

Masjid Kowloon, Masjid Terbesar di Hong Kong yang Cantik dan Megah

Masjid Kowloon adalah satu dari lima masjid yang ada di Hong Kong. Meski pemeluk Islam di Hong Kong hanya berjumlah sekitar 4% saja, namun muslim yang ada di Hong Kong bisa beribadah di masjid ini dengan lancar. Selain mengadakan solat berjamaah, banyak kegiatan lain yang digelar di masjid ini. 




Bisa Menampung Banyak Jamaah

Masjid Kowloon dan Islamic Center adalah masjid terbesar di Hong Kong. Masjid yang terletak di persimpangan Jalan Nathan dan Jalan Haiphong ini bisa menampung hingga 3.500 jemaah. 




Banyak Kegiataan Ibadah

Selain rutin menggelar solat berjamaah, masjid ini juga mengundang siapapun yang tertarik mempelajari Islam untuk datang. Warga asli Hong Kong, pendatang atau turis bisa datang dan akan diterima dengan tangan terbuka. "Kegiatan di sini banyak, ada kegiataan komunitas, kuliah atau pengajian," ungkap Saaid Udin, sekretaris Islamic Trust Hong Kong seperti dikutip dari IDN Times.


Sejarah Masjid

Masjid Kowloon dibangun oleh tentara Inggris yang berasal dari India dan Bangladesh. Tentara muslim ini membutuhkan rumah ibadah dan akhirnya membangun masjid yang awalnya tidak luas. Lalu masjid direnovasi pada 1974 sampai 1984. Dan pada 2005 sampai 2006, masjid kembali direnovasi dan diperbesar. Sekarang, Masjid Kowloon memiliki perpustakaan, ruangan kantor, dan aula serbaguna yang sering dipakai untuk acara pernikahan.




Arsitektur Megah dan Indah

Dengan empat menara setinggi 11 meter dan satu kubah putih besar, kemegahan arsitektur masjid ini begitu terasa. Tidak heran, Masjid Kowloon menjadi landmark Islam di Hong Kong. Bangunan masjid menggunakan marmer putih di beberapa bagian seperti fasad, kisi-kisi jendela yang dihias detail menambah kemegahan masjid. Belum lagi langit-langit masjid yang terlihat indah dengan lampu-lampu yang menggantung cantik. 


Asri

Foto: Instagram @mosque_pic