Masjid Agung dan Taman Alun-alun, Tujuan Wisata Baru di Cianjur

Masjid Agung dan Taman Alun-alun, Tujuan Wisata Baru di Cianjur

Warga Cianjur, Jawa Barat sedang berbahagia dan bangga karena memiliki Masjid Agung yang bangunannya megah dan mempesona. Tidak hanya itu, taman alun-alun di depan Masjid  yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada Februari 2019 ini juga menjadi tempat wisata baru yang oke banget untuk dikunjungi. Apa saja yang kita bisa lakukan di Masjid Agung dan Taman Alun-alun Cianjur selain beribadah di masjid? Berikut panduannya!

 

1.     Mempelajari Sejarah Masjid Agung Cianjur

Masjid Agung Cianjur menjadi saksi sejarah Indonesia. Pada saat pembangunan rute Jalan Raya Pos Anyer-Panarukan yang diprakarsai oleh Herman Daendels di tahun 1800-an, Masjid Agung Cianjur menjadi salah satu masjid yang sering dikunjungi karena letaknya yang strategis. Para pekerja, pedagang, serta pribumi sering mendatangi masjid ini. 



 

2.     Mengagumi Arsitektur Masjid yang Megah

Usia Masjid Agung Cianjur sudah sangat tua, mencapai sekitar 200 tahun. Masjid Agung Cianjur sudah mengalami beberapa kali renovasi. Tahun 1880 setelah mengalami kerusakan karena letusan Gunung Gede, dan beberapa renovasi lainnya sehingga arsitekturnya seperti sekarang. Masjid Agung Cianjur memiliki 2 menara tinggi dan atap berbentuk prisma yang bertingkat. 

  

3.    Bermain di Rumput Hijau

Di depan masjid terdapat hamparan rumput sintesis yang luas. Sama seperti di alun-alun Masjid Agung Bandung, taman alun-alun di Cianjur ini juga sering dijadikan anak-anak bermain. Mulai dari bermain bola hingga lari-larian. Bermain di rumput sintesis ini sebaiknya dilakukan saat pagi atau sore hari, saat matahari bersinar tidak terlalu terik. 



 

4.    Berfoto di Tiang Asmaul Husna dan Spot Lainnya

Sekarang, setiap ada tempat baru, pasti harus kita abadikan dalam bentuk foto. Taman Alun-alun Cianjur ini memiliki spot foto yang lumayan banyak. Mulai dari tiang Asmaul Husna yang berjajar rapi, Al Quran besar di depan Masjid, air mancur indah hingga tempat duduk berwarna terang di yang tersebar di sekitar masjid. Kamu bisa berfoto di siang atau malam hari yang sama asyiknya. 



 

Sudah tahu kan beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Masjid Agung dan Alun-alun Cianjur? Sekarang saatnya berkunjung ke masjid yang terletak di tengah kota Cianjur ini. Nggak bakal sulit mencari masjid yang terletak di Jalan Siti Jenah No.14, Cianjur ini. 

 

Asri

Foto: Asri, Instagram @dhifoaksa, @nanoardhianto