Lezatnya Gudeg Yu Djum yang Legendaris dan Halal MUI

Lezatnya Gudeg Yu Djum yang Legendaris dan Halal MUI

Berwisata ke Yogyakarta tentu terasa kurang bila tidak mencicipi kuliner khasnya. Salah satu kuliner khas Yogyakarta yang wajib dicicipi adalah gudeg. Gudeg Yu Djum yang legendaris bisa menjadi pilihan. Apalagi Gudeg Yu Djum telah mendapat sertifikat halal dari MUI. Jadi, makin tenang deh saat mencoba kelezatannya. 


Sejak Tahun 1951

Gudeg Yu Djum sudah berdiri sejak tahun 1951. Pendirinya adalah Djuwariyah, seorang anak perempuan yang sejak kecil memiliki cita-cita membangun rumah makan gudeg miliknya sendiri. 




Tekadnya sangat kuat, Djuwariyah bahkan menjual rumput untuk pakan ternak tetangganya sebagai modal awal. Dari menjual rumput dia pun membeli peralatan masak untuk membuat gudeg. 

 

Setelah modal terkumpul, Djuwariyah mulai menjajakan gudeg buatannya di Kampung Widjilan. Di lapak kecil dengan meja dan kursi sederhana, Djuwariyah menjual gudegnya. Usahanya lama kelamaan mendatangkan keuntungan, dia berhasil menabung untuk membeli tanah dan bangunan untuk membuka warung gudeg.




Di tahun 1985 Djuwariyah berhasil membuka warung makan gudeg miliknya. Warung itu dinamakan Warung Makan Gudeg Yu Djum yang merupakan panggilan dari pelanggan untuknya. 

 

Usahanya makin ramai, Gudeg Yu Djum makin dikenal dan selalu ramai dikunjungi. Hingga kini, Yu Djum telah membuka cabang di lima tempat. 


Menggunakan Bahan Terbaik

Gudeg Yu Djum mampu bertahan karena selalu menggunakan bahan-bahan terbaik untuk masakannya. Bahkan selain menggunakan bahan terbaik, Gudeg Yu Djum juga mendapat sertifikat halal dari MUI. Artinya pengunjung akan menyantap makanan dengan bahan terbaik juga merasa tenang karena Gudeg Yu Djum telah bersertifikat halal MUI. 




Dalam satu porsi Gudeg Yu Djum terdiri dari nasi, gudeg dengan areh kental, sambal krecek, juga lauk yang bervariasi. Ada ayam kampung, telur bebek rebus, ati ampela, tahu, tempe bacem dan aneka lauk lainnya. Rasa gudeg yang manis dan gurih dijamin akan membuat kamu ketagihan. 




Selain bisa dimakan di tempat, Gudeg Yu Djum juga bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh. Tinggal pilih, mau dikemas dengan kendil atau besek. Gudeg Yu Djum dapat bertahan 24 jam di suhu ruang. 


Asri

Foto: gudegyudjumpusat.com