Istimewanya Masjid Cheng Ho Pandaan, Pasuruan yang Berwarna Merah Menyala

Istimewanya Masjid Cheng Ho Pandaan, Pasuruan yang Berwarna Merah Menyala

Biasanya bangunan masjid hadir dengan warna-warni tenang yang menyejukkan. Namun bangunan masjid yang terletak di daerah Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur ini memiliki warna merah menyala yang mencolok. Selain memiliki warna yang mencolok, Masjid Cheng Ho Pandaan memiliki keistimewaan lain. Apa saja ya? 

 

1.    Masjid dengan Atap Bersusun

Buat kamu yang sedang melakukan perjalanan memakai mobil dari Surabaya ke Malang, pasti akan melihat bangunan masjid ini. Masjid Cheng Ho merupakan masjid dengan dua bangunan dua lantai. Selain warna merah yang dominan, warna hijau tua dan emas bisa kamu lihat di masjid ini. 

 

Bagian yang paling mencolok tentu saja atap tinggi bersusun seperti pagoda dengan menara runcing berwarna emas. Dengan atap tinggi seperti itu, ketika kita memasuki masjid akan terasa sejuk karena banyak udara yang masuk. 

 

2.    Arsitektur Perpaduan Tiga Budaya

Masjid Cheng Ho memiliki arsitektur yang merupakan perpaduan dari tiga budaya; Jawa, Arab dan Tiongkok. Budaya Tiongkok bisa terlihat dari warna merah menyala yang merupakan warna khas Tiongkok juga atap berbentuk pagoda.

 

Sementara untuk budaya Jawa bisa dilihat dari atap joglo khas Jawa dan budaya Arab bisa terlihat dari ornamentornamen kaligrafi yang ada di dinding masjid. 



 

3.    Dibangun untuk Mengenang Jasa Laksamana Cheng Ho

Siapakah Cheng Ho? Sampai-sampai namanya diabadikan menjadi nama masjid. Bukan hanya di Pandaan saja, tapi juga di Surabaya dan Palembang. Cheng Ho adalah seorang laksamana berbangsa Tiongkok yang melakukan ekspedisi ke berbagai daerah di Asia. 

 

Di Indonesia sendiri, Cheng Ho dan pasukannya pernah berlabuh di Banda Aceh, Semarang dan kota-kota di Jawa Timur. Saat melakukan ekspedisi, Cheng Ho yang seorang Muslim menyebarkan agama Islam ke daerah-daerah yang disinggahinya. 


Asri Mirza

Foto: Asri