Dodol Rumput Laut, Oleh-oleh Lombok yang Halal

Dodol Rumput Laut, Oleh-oleh Lombok yang Halal

Lombok memang terkenal dengan keindahan alamnya yang memesona. Nama Lombok makin dikenal karena Sirkuit Mandalika tempat digelarnya event dunia MotoGP 2022. Sirkuit yang sangat menawan dengan pemandangan indah yang mengarah langsung pada perbukitan dan kawasan pantai di Mandalika. 


Selain pesona alamnya, Lombok juga memiliki sumber daya alam yang melimpah ruah. Salah satunya adalah rumput laut. Melimpahnya rumput laut di Lombok membuat banyak orang memanfaatkan rumput laut menjadi berbagai macam makanan. 


Salah satu olahan rumput laut adalah dodol. Berbeda dengan dodol pada umumnya, dodol khas Lombok ini terbuat dari rumput laut, bertekstur lembut mirip jelly, dan tidak lengket. 


Rasa dodol ini adalah rasa buah-buahan dan sayuran, seperti sirsak, nangka, semangka, labu siam, wortel dan rasa lainnya. Rasa dodolnya cenderung asam dengan manis sedikit. Biasanya dodol rumput laut berbentuk balok dan memiliki warna yang beragam. 


Bila melihat di website Halal MUI, ada beberapa merek Dodol Rumput Laut yang sudah mendapatkan sertifikat halal MUI. Buat kamu yang hendak mencari Dodol Rumput Laut yang halal, carilah dodol yang di kemasannya memasang logo Halal dari MUI. 


Foto: omiyago