Bukit Bendera, Tempat Melihat Penang dari Ketinggian

Bukit Bendera, Tempat Melihat Penang dari Ketinggian

Selain wisata kuliner juga wisata medis, di Penang, Malaysia kita juga bisa jalan-jalan ke Bukit Bendera atau dikenal juga dengan Penang Hill. Karena merupakan dataran tinggi, di Bukit Bendera, udara terasa lebih dingin dan sejuk.

Sebelum ke Bukit Bendera, kamu bisa mampir dulu di Kuil Kek Lok Si yang merupakan kuil terbesar di Malaysia. Kuil ini juga merupakan pusat ziarah bagi penganut agam Budha dari Hong Kong, Philipina, SIngapura dan beberapa negara Asia lainnya. Komplek kuil ini dibangun dari 1890 dan terus berkembang hingga 1930. Bangunan besar dengan warna-warna cerah yang indah ini juga cocok sebagai objek foto bagi penyuka fotografi.



Hanya 15 menit berkendara dari Kuil Kek Lok Si terdapat titik awal Bukit Bendera. Untuk sampai ke Bukit Bendera, pengunjung bisa naik Penang Hill Railway atau naik dengan berjalan kaki yang bisa ditempuh selama dua sampai tiga jam.

Pilihan pertama jelas lebih mudah untuk menuju Bukit Bendera. Apalagi bila kondisi fisik tidak memungkinkan untuk berjalan kaki menuju puncak Bukit Bendera. Lagipula, naik kereta menuju puncak adalah pengalaman baru yang ternyata menegangkan. 


Bentuk rel kereta yang kecil dan ramping akan mengangkut penumpang menuju puncak dalam perjalanan selama kurang lebih 15 menit. Rel kereta yang membentang dengan posisi hampir 45 derajat membuat menaiki kereta ini jadi menegangkan. Pasalnya, jendela kaca kereta membuat pengunjung bisa melihat pemandangan kota yang makin lama makin mengecil.



Sampai di atas pemandangan Penang dan udara yang sejuk langsung menyambut. Usahakan datang ke Penang Hill di waktu pagi atau sore hari untuk menghindari udara panas.




Di puncak, pengunjung bisa melihat kereta pertama yang masih berdinding kayu, melihat kota Penang dari ketinggian, bisa dengan mata telanjang atau memakai teropong, dan jika beruntung akan melihat monyet yang masih berkeliaran di pepohonan Bukit Bendera yang lebat.

Asri Mirza
Foto: Asri