Bukan Kapal Selam saja, Ini Dia Jenis-jenis Pempek Palembang!

Bukan Kapal Selam saja, Ini Dia Jenis-jenis Pempek Palembang!

Selain di Jakarta, Asian Games 2018 akan berlangsung di Ibukota Sumatera Selatan, yaitu Palembang. Bagi kamu yang akan bertandang ke Palembang untuk menonton Asian Games 2018 jangan lupa untuk mencicipi salah satu makanan khas Palembang, yaitu Pempek. Ada banyak jenis pempek di Palembang. Sebelum mencoba pempek yang dibuat dari adonan tepung, telur dan ikan ini di kota aslinya, kita kenalan dulu yuk, dengan jenis-jenis pempek. Agar kamu tidak hanya memesan pempek kapal selam terus!. Tapi jangan lupa cari yang sudah bersertifikat Halal MUI.

 

1.       Pempek Kapal Selam

Pempek jenis kapal selam memang paling terkenal dibandingkan pempek jenis lainnya. Dinamakan Pempek Kapal Selam karena konon bentuknya mirip dengan kapal selam zaman dahulu. Pempek Kapal Selam memiliki isian telur, baik telur ayam maupun telur bebek. Tidak heran, Pempek Kapal Selam memiliki nama lain, yaitu Pempek Telor Besar.

 

2.       Pempek Lenjer

Bagi yang tidak terlalu menyukai Pempek Kapal Selam karena memiliki isian telur, Pempek Lenjer pasti jadi pilihan. Bentuknya bulat dan panjang, dan saat disajikan bersama kuah cuka, akan dipotong kecil-kecil oleh sang penjual. Pempek Lenjer dijual dalam dua versi, lenjer besar dan lenjer kecil.


 

3.       Pempek Pistel

Pempek ini disebut Pempek Pistel atau pastel karena bagian atasnya direkatkan seperti kue pastel. Pempek Pistel diisi dengan pepaya muda yang diparut kemudian dimasak dengan santan. Karena isiannya tersebut, Pempek Pistel memiliki nama lain, yaitu Pempek Kates. Orang Palembang menyebut pepaya dengan kates.

 

4.       Pempek Adaan

Beberapa orang menyebut bahwa Pempek Adaan lebih praktis dibuat dibandingkan pempek jenis lainnya. Alasannya karena untuk membuat Pempek Adaan langsung digoreng setelah adonan siap, tidak perlu melalui proses perebusan seperti jenis pempek lainnya. Meski tanpa proses perebusan, Pempek Adaan tetap lezat dinikmati. Terbukti, pempek jenis ini lumayan popular setelah Pempek Kapal Selam.


 

5.       Pempek Kulit

Sama seperti Pempek Adaan, Pempek Kulit tidak melalui proses perebusan setelah adonan siap. Jadinya adonan yang sudah dibentuk langsung digoreng. Sesuai namanya, bahan Pempek Kulit adalah kulit ikan saja. Tidak heran teksturnya tidak halus, masih terasa kasar seperti beberapa kulit ikan.

 

6.       Pempek Keriting

Disebut Pempek Keriting karena bentuknya yang keriting seperti mie. Terkadang pempek jenis ini juga dinamakan Pempek Kerupuk karena sekilas bentuknya mirip Kerupuk Palembang. Untuk mendapatkan adonan keriting, adonan pempek dicetak menggunakan pirikan, cetakan yang terbuat dari kuningan.

 

 

7.       Pempek Lenggang

Pempek Lenggang merupakan jenis pempek yang paling berbeda bentuknya dibandingkan jenis pempek lainnya. Lenggang dibuat dari campuran daging ikan, tepung, air, telur yang dicampur dan dimasukkan dalam wadah pisang berbentuk mangkuk. Kemudian wadah-wadah pisang tersebut dimasak dengan cara dipanggang di atas bara api. Ada juga versi pempek Lenggang goreng yang bentuknya mirip dengan martabak telur.

 

Masih ada beberapa jenis pempek lainnya. Akan sangat menyenangkan untuk menyicipi pempek secara langsung di kota asalnya, yaitu Palembang. Bagi yang ingin mencoba makan pempek di Palembang, cari di halalstyle untuk info penerbangan dan hotel. (Asri Mirza)