Bika Ambon kenapa dari Medan? Ini 5 Ceritanya!

Bika Ambon kenapa dari Medan? Ini 5 Ceritanya!

Kue Bika Ambon yang warnanya kuning dan adonannya berpori adalah salah satu kue tradisional yang terkenal. Nama Ambon yang menyertai nama kue ini menjadi teka-teki bagian sebagian orang, karena kue dengan rasa manis gurih ini berasal dari Medan, Sumatera Utara bukan dari Ambon seperti namanya. 


Sampai saat ini alasan mengapa kue asal Medan tapi bernama Ambon ini belum ada alasan jelasnya. Tapi ada lima cerita menarik mengenainya!


1. Kue bika pertama kali dan populer dijual dari Jalan Ambon Sei Kera, Medan. Kabarnya karena itulah kue ini dinamakan Bika Ambon. 


2. Seorang warga asal Ambon merantau ke Malaysia membawa kue bika. Dia lalu pulang ke Indonesia, dan singgah di Medan untuk memperkenalkan kue bika ini. 




3. Dahulu ada daerah bernama Amplas. Daerah itu terbagi dua dengan sebutan "pabrik" dan "kebon". Seorang buruh asal daerah "kebon" membuat sebuah kue bika yang sangat laris terjual. Kue itupun dinamai Kue Bika Ambon. Ambon diambil dari kata "Amplas" dan "Kebon". 


4.Cerita lainnya menyebutkan bahwa kata Ambon berasal dari seorang Tionghoa yang bereksperimen membuat sebuah kue. Pembantunya yang berasal dari Ambon sangat menyukai kue tersebut, sehingga disebutlah kue buatannya itu Bika Ambon. 


5.Cerita lainnya menyebutkan bahwa kata Ambon berasal dari kata "lembut" dalam bahasa Medan. Hal ini berhubungan dengan Kue Bika Ambon yang sangat lembut. 


Begitulah lima cerita yang menyebar dari mulut ke mulut mengenai asal usul kata Ambon dalam Kue Bika Ambon yang asalnya dari Medan ini. 


Meskipun ceritanya belum bisa dibuktikan mana yang benar, yang pasti Kue Bika Ambon memiliki rasa yang lezat. 


Asri

Foto: Instagram @zulaikhabikaambon