Bertamu ke Museum Doraemon di Kawasaki, Jepang

Bertamu ke Museum Doraemon di Kawasaki, Jepang

Siapa sih yang tidak kenal dengan si robot kucing Doraemon? Robot berwarna biru yang suka membantu Nobita, anak SD yang tidak bisa apa-apa, ini diciptakan oleh Fujiko F Fujio pada tahun 1969. Fujiko F Fujio tidak hanya menciptakan Doraemon saja, ada beberapa kartun lagi yang diciptakannya, salah satunya adalah P-Man. Untuk mengingat karya-karya Fujiko didirikanlah Museum Fujiko F Fujio, atau dikenal juga dengan Museum Doraemon.


Cuteness Overload

Memasuki museum yang berada di Kawasaki, satu jam naik kereta dari Tokyo ini, kamu akan merasakan kegembiraan karena gemas dengan ornamen-ornamen yang ada di museum ini. Mulai dari papan petunjuk, patung-patung karakter, hingga petunjuk di toilet pun semuanya lucu dan menggemaskan. 




7 Konsep Museum

Menurut website resmi museum, ada tujuh konsep museum yang diterapkan di museum ini, yaitu: manga, playful spirit,  science fiction, communication, new discovery, nature dan hospitality. Pihak Museum, sesuai dengan pesan Fujiko F Fujio menginginkan semua pengunjung yang datang bersenang-senang serta mendapatkan pengalaman dan pengetahuan.




Masuk ke Dunia Doraemon

Penggemar Doraemon pasti familiar dengan alat-alat canggih yang dimiliki Doraemon. Mulai dari pintu ajaib, sumur awet muda, roti pengingat dan banyak lagi. Di museum ini kamu bisa menemukannya. Ada pula taman dengan pipa besar tempat Nobita dan kawan-kawan bermain. Bila jeli, kamu bisa bertemu Dorami, adik Doraemon atau menemukan karakter lain ciptaan Fujiko di museum ini.





Mencoba Makanan Favorit Doraemon

Apa makanan favorit Doraemon? Jawabannya adalah Dorayaki. Di museum ini dijual dorayaki dengan muka Doraemon yang menggemaskan. Museum ini memang memiliki kafe yang menjual makanan berbentuk Doraemon. Rasanya sih tidak terlalu istimewa, namun penataan yang lucu membuat kafe ini selalu ramai dipenuhi pengunjung. 




Asri Mirza

Foto: Asri