7 Fakta Masjid Istiqlal, Masjid Terbesar di Asia Tenggara

7 Fakta Masjid Istiqlal, Masjid Terbesar di Asia Tenggara

Berikut adalah 7 fakta dari Masjid Istiqlal yang sudah dikenal di Indonesia dan dunia. 

1. Masjid Istiqlal pertama kali dibuka untuk umum pada 22 Februari 1978 oleh Presiden Soekarno.


2. Masjid Istiqlal adalah masjid terbesar di Asia Tenggara, baik dari struktur dan kapasitasnya yang bisa menampung sebanyak 200.000 jamaah. 


3. Bangunan Masjid Istiqlal terlihat mencolok dengan kubah berdiameter 45m yang ditopang oleh 12 tiang bundar dan dilengkapi satu menara tunggal setinggi 96,66 meter di sudut selatan selasar masjid.




4. Berlokasi di Jalan Taman Wijaya Kusuma Jakarta, Masjid Istiqlal didesain oleh Frederich Silaban. Sebelumnya diadakan sayembara untuk mendesain masjid yang pengumumannya disebarluaskan melalui surat kabar. Frederich yang beragama Kristen Protestan berhasil menang dengan desainnya yang diberi nama Ketuhanan. 


5. Istiqlal berarti kemerdekaan, dinamakan Istiqlal sebagai pengingat dari perjuangan bangsa Indonesia mendapatkan kemerdekaannya. Pembangunan masjid selama 17 tahun diawasi langsung oleh Presiden Soekarno.


6. Masjid Istiqlal banyak dikunjungi oleh tamu negara. Salah satunya adalah Presiden Amerika Serikat, Barack Obama dan istrinya, Michelle Obamq pada November 2010. 


7. Di tahun 2020, renovasi besar-besaran Masjid Istiqlal dilakukan di era Presiden ke-7 RI, Joko Widodo. Sejumlah bagian direnovasi, seperti  mihrab yang dibuat lebih megah, tempat wudhu, dan area parkir bawah tanah. Renovasi ini menghabiskan biaya sebesar Rp475 miliar.


Asri

Foto: indonesia.travel