5 Obat dalam Al Quran dan Hadist. Alami dan Berkhasiat

5 Obat dalam Al Quran dan Hadist. Alami dan Berkhasiat

Sekarang ini banyak sekali jenis obat, mulai dari yang herbal hingga kimiawi. Bermunculannya jenis-jenis obat tersebut dikarenakan keinginan sembuh dari seseorang saat ia jatuh sakit. Lagipula, mencari kesembuhan memang penting dan dianjurkan. 


Seperti disebutkan dalam sebuah hadist Riwayat Muslim. "Setiap penyakit ada obatnya. Apabila ditemukan obat yang tepat untuk suatu penyakit, akan sembuhlah penyakit itu dengan izin Allah 'azza wajalla." (HR. Muslim)


Ada pula hadist lainnya dari Riwayat Bukhari, Rasulullah saw. menyampaikan, “Tidaklah Allah menurunkan suatu penyakit, melainkan akan menurunkan pula obat untuk penyakit tersebut.”


Berikut adalah lima jenis obat yang terdapat dalam Al Quran dan hadist. Apa sajakah?


Madu

Al Quran surat An- Nahl ayat 68-69 menyebutkan: "Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah, ‘Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan ditempat yang dibuat manusia, kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang dimudahkan bagimu. Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia."


Madu memiliki banyak manfaat bila dikonsumsi secara rutin dan sesuai petunjuk. Bisa mengobati berbagai macam penyakit mulai dari typus, penyakit yang berkaitan dengan usus dan lambung, menurunkan kadar kolesterol, membantu penyembuhan luka bakar dan banyak manfaat lainnya. 


Kurma

Dalam hadits Riwayat Muslim, Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa yang sarapan dengan tujuh butir kurma Ajwa setiap pagi akan terhindar dari bahaya racun dan sihir.”


Kurma kaya akan zat besi untuk mencegah anemia, kalsium untuk memperkuat tulang dan gigi, serta fosfor untuk menutrisi sel otak dan sel reproduksi bagi wanita hamil. Kurma juga bisa melancarkan pencernaan, mengganti elektrolit tubuh yang hilang, juga mencegah anemia. 


Jahe

Tanaman rimpang ini disebutkan dalam Al Quran surat Al-Insan ayat 17. “Di dalam surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe.”


Selain sering digunakan sebagai bumbu masak, jahe ternyata memiliki banyak khasiat. Mulai dari mengobati organ pernafasan seperti batuk, meluruhkan dahak, asma sampai mampu mengurangi rasa mual dan muntah yang disebabkan mabuk perjalanan, kemoterapi, dan gangguan pencernaan. Khasiat lain dari jahe adalah memperkuat otot jantung, mencegah terjadinya penggumpalan darah, serta mencegah penyumbatan jantung dan otak.


Jintan Hitam

Dalam salah satu riwayat hadist, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya di dalam Habbatussauda (jintan hitam) terdapat penyembuh bagi segala macam penyakit, kecuali kematian." (HR Bukhori dan Muslim). 


Jintan Hitam atau Habbatussauda memiliki banyak manfaat, seperti menguatkan sistem kekebalan tubuh, menetralisir racun hingga anti stres. Jintan Hitam juga bisa mengobati eksim pada kulit, mengurangi peradangan dan pembengkakan sendi, dan mengendalikan gejala asma. 


Zaitun

Al Quran surat An-Nur ayat 35 menyebutkan:  “… Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api…” (QS. An-Nur, 35)

 

Zaitun memiliki banyak manfaat, apalagi yang sudah diekstrak menjadi minyak. Manfaatnya antara lain adalah mencegah penyakit kulit dan kanker payudara, kanker rahim, kanker perut dan usus besar apabila dikonsumsi satu sendok setiap hari. Minyak zaitun juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi tekanan darah tinggi.


Sumber: halalmui.org

Foto: 123RF.com