5 Fakta Miso, Bumbu Masakan Jepang. Ada yang Halal!

5 Fakta Miso, Bumbu Masakan Jepang. Ada yang Halal!

Pecinta masakan Jepang pasti familiar dengan rasa masakan berbumbu miso. Yang paling familiar di Indonesia tentu saja Sup Miso yang sering kita jumpai di berbagai resto Jepang dengan rasa asin dan gurih. Bagi yang ingin mencoba memasak menggunakan miso, pilih pasta miso yang sudah bersertifikat halal, ya!


1.Miso adalah salah satu bumbu penting dalam masakan Jepang. Bahan utama miso adalah kacang kedelai, beras atau gandum yang sudah difermentasi dengan garam dan jamur. 


2.Miso memiliki tekstur seperti pasta yang kental dan memiliki rasa gurih yang kaya rasa. 


3.Miso bisa berwarna cerah dan gelap. Disesuaikan lama fermentasi, semakin lama fermentasi, maka warnanya semakin gelap. 

Miso berwarna terang bagus untuk saus, sedangkan miso gelap cocok untuk masakan berkuah.


4.Karena melalui proses fermentasi, miso bisa mengandung alkohol. Alkohol digunakan sebagai bahan tambahan untuk mencegah fermentasi ulang saat proses pengemasan. Dengan alkohol, kemasan tidak akan mengembang. Warna dan rasa miso juga tidak akan cepat berubah. 


5.Melansir halalmui.org, ada banyak merek pasta miso halal yang dijual di Indonesia. Pihak pembeli harus teliti untuk membeli miso dengan logo halal di kemasannya. Beberapa mereka miso halal yang dijual di Indonesia adalah: Mikochan Shiro Miso, Enachan Shiro Miso dan beberapa merek lainnya. 


Foto: 123rf