5 Fakta Masjid Kobe, Masjid Pertama di Jepang

5 Fakta Masjid Kobe, Masjid Pertama di Jepang

Selain sebagai tempat beribadah, Masjid Kobe juga menjadi salah satu bangunan bersejarah yang menyimpan banyak cerita. Tidak hanya itu, Masjid Kobe juga menjadi bukti mengenai hubungan baik Jepang dengan negara-negara muslim lainnya. Berikut adalah 5 fakta Masjid Kobe yang menarik untuk disimak. 

 

  1. Masjid Pertama di Jepang

Pada 2 Agustus 1935, Masjid Kobe diresmikan dan menjadi masjid pertama di Jepang. Umat muslim yang ada di Jepang pun berdatangan untuk mengunjungi masjid ini. Nggak heran kalau Kobe kemudian disebut juga sebagai Mekah-nya Jepang.


 

  1. Bangunan Masjid Bergaya Timur Tengah

Bangunan Masjid Kobe bergaya Timur Tengah dengan bentuk bulan sabit di puncak menaranya. Arsitekturnya khas dengan gaya Turki tradisional. Namun, bentuk jendela yang meruncing mirip dengan masjid-masjid di India juga Persia. Beberapa sumber menyebutkan perancang Masjid Kobe adalah Jan Josef Svagr, seorang arsitek asal Ceko. 



 

  1. Simbol Hubungan Baik Jepang dan Negara Muslim

Ketika diresmikan, umat Muslim dari berbagai negara seperti Indonesia, India, Turki, Arab Saudi, Mesir yang sedang berada di Jepang berdatangan ke Masjid Kobe. Dalam berbagai kegiatan yang dilakukan di Masjid Kobe, banyak umat Muslim dari berbagai negara muslim hadir. Hal ini menunjukan bahwa Masjid ini menjadi simbol hubungan baik antara Jepang dan negara muslim. 



 

  1. Masjid Tahan Banting

Saat Perang Dunia 2, Kobe hancur oleh bom, namun Masjid Kobe tetap berdiri dengan megah. Hanya beberapa retakan di dinding dan kaca-kaca jendela pecah. Kemudian, pada tahun 1995, Kobe kembali hancur karena gempa bumi besar, dan lagi-lagi, Masjid Kobe tetap berdiri kokoh.



 

  1. Makanan Halal di Sekitar Masjid

Tidak sulit mencari makanan Halal di sekitar Masjid Kobe. Ada toko sekaligus restoran bernama Nakhlistan Halal Shop yang menjual bahan masakan halal serta menyajikan makanan halal. Di toko ini kamu bisa membeli mie instan juga kecap dari Indonesia dengan logo halal MUI. Di sepanjang jalan menuju Masjid, kamu juga bisa melihat restoran makanan halal yang kebanyakan menjual makanan Melayu atau India. 

 

Asri Mirza

Foto: Asri, kobe-muslim-mosque.com