4 Desa Wisata di Garut, Jawa Barat

4 Desa Wisata di Garut, Jawa Barat

Berkunjung ke desa wisata adalah sebuah alternatif untuk liburan yang seru. Kita bisa merasakan kehidupan pedesaan yang menarik dan asri. Di Garut, Jawa Barat ada 4 desa wisata yang cocok menjadi tujuan liburan kamu berikutnya. Berikut 4 desa wisata di Garut, Jawa Barat!



1.Desa Wisata Sukasono

Berlokasi di Desa Sukasono Kecamatan Sukawening Kabupaten Garut, desa wisata ini mempunyai keunggulan memiliki sumber mata air alami yang unik. Airnya menyembur dari tanah dengan tingkat suhu yang berbeda. Ada yang dingin, hangat dan panas. Bila mandi dengan ketiga air dengan berbeda suhu ini dipercaya  bisa menyembuhkan berbagai penyakit. 



2.Desa Wisata Sindangkasih

Aktivitas wisata yang dilakukan di Desa Wisata Sindangkasih sangat beragam. Mulai dari menyusuri sungai (river tubing), arung jeram, susur lembur, mengunjungi bunker peninggalan Belanda juga berfoto di banyak spot foto yang tersebar di desa dengan pemandangan asri ini. Jangan lupa untuk menyantap paket Nasi Timbel Komplit dengan Ayam Bakar, Ikan Asin, Tahu dan Tempe Goreng serta Sambal dan Lalapan yang lezat. 



3.Desa Wisata Mulakeudeu 

Selain pemandangan alamnya yang indah, Desa Wisata Mulakeudeu juga memiliki cagar budaya yang terkait dengan sejarah penyebaran Islam. Aktivitas menarik di desa wisata ini lumayan banyak, mulai dari memetik jeruk langsung dari pohonnya, belajar membuat kerajinan bambu, dan banyak lagi. Namun, untuk menuju desa wisata ini harus melalui jalanan yang terjal, melewati turunan tajam serta tanjakan panjang.



4.Desa Wisata Situ Cangkuang

Bisa dibilang Desa Wisata Situ Cangkuang adalah desa wisata yang paling siap menyambut pengunjung dari berbagai segi. Lokasinya yang berdampingan dengan 

Cagar Budaya Candi Cangkuang sudah memiliki nilai unggul dibanding desa wisata lainnya. Danau atau Situ Cangkuang juga menjadi daya tarik di desa ini. Selain menikmati cantiknya danau, pengunjung juga bisa menelusuri situ dengan naik rakit, dan perahu berbentuk naga atau angsa. Fasilitas lainnya, desa wisata ini memiliki taman, dermaga, gazebo dan tidak kalah penting restoran yang menyajikan makanan enak. 


Asri

Foto: Instagaram @desa_wisatanulakeudeu, @dewisitucangkuang, @desawisatasindangkasih, Dok.Disparbud Garut