3 Fakta Olimpiade Tokyo 2020 Ramah Muslim

3 Fakta Olimpiade Tokyo 2020 Ramah Muslim

Setelah diundur selama setahun karena pandemi covid 19, Olimpiade Tokyo 2020 akhirnya diselenggarakan dari 23 Juli 2031 sampai 8 Agustus 2021. Meski mengalami pengunduran waktu, namun panitia tetap melakukan persiapan yang terbaik. Mulai dari protokol kesehatan yang ketat hingga persiapan untuk atlet dan pengunjung muslim. Apa saja yang membuat Olimpiade Tokyo 2020 ramah muslim? Berikut 3 faktanya!




1. Makanan Halal Mudah Didapat

Mengonsumsi makanan halal tentu menjadi kewajiban bagi umat muslim. Panitia Olimpiade Tokyo menyadari hal ini. 


Bahkan sejak 2018 para koki sudah diberikan pelatihan mengenai makanan halal. Para chef diberikan pelatihan untuk mengganti bahan-bahan yang tidak halal sehingga bisa dikonsumsi umat Islam. 


Banyak pula restoran yang mendaftar ke lembaga sertifikat halal Jepang dan berkomitmen untuk menjual makanan halal, dan tidak menjual alkohol. Restoran ini menyediakan makanan tradisional Jepang otentik yang halal. 




2.Tempat Solat di Masjid Bergerak

Jepang membuat tempat ibadah untuk muslim dari modifikasi truk kontainer. Di dalam truk berwarna putih biru tersebut ada penyejuk ruangan, tempat wudhu, dan petunjuk arah kiblat yang akan menambah nyaman ibadah umat muslim. Masjid truk ini akan parkir di stadion agar mudah ditemukan.




3.Akomodasi Ramah Muslim 

Bukan karena Olimpiade saja, namun akomodasi ramah muslim memang sudah bisa ditemukan di Jepang. Yang disebut akomodasi ramah muslim adalah hotel atau guesthouse yang menyediakan makanan halal juga tempat solat lengkap dengan petunjuk arah kiblat. 


Tidak hanya di jaringan hotel besar seperti Hotel Park Hyatt dan Richmond Hotel, akomodasi yang ramah muslim juga ada di Sakura Hotel Hatagaya yang terletak di Shibuya, Tokyo. Hotel Granvia di Kyoto, Dotonbori Hotel di Osaka, New Otani Inn di Sapporo, Syariah Hotel Fujisan yang dekat dengan Gunung Fuji adalah beberapa akomodasi yang ramah muslim. 


Asri

Foto: Asri, dok. yasu project, matcha-jp.com