3 Bumbu Instan Kari Jepang yang Halal Friendly

3 Bumbu Instan Kari Jepang yang Halal Friendly

Menurut website Gurunavi, Kari adalah makanan favorit anak-anak SD di Jepang. Posisi kari menduduki ranking pertama, disusul sushi diperingkat kedua dan ayam goreng diperingkat ketiga. 


Kari di Jepang diperkenalkan oleh bangsa Inggris pada zaman Meiji. Resep kari masuk dalam buku berjudul Bimbingan Makanan Barat yang terbit tahun 1872. Sebelumnya kari diperkenalkan oleh bangsa India ke Inggris pada 1772. 


Meski berasal dari India, Kari Jepang dan Kari India memiliki rasa yang berbeda. Perbedaannya terletak di pemakain tepung terigu di Kari Jepang. Sementara Kari India tidak memakai tepung sama sekali. 


Kari Jepang menjadi makanan favorit yang sering tersaji di rumah-rumah. Selain rasanya yang enak, memasak kari juga sangat mudah. Ibu-ibu di Jepang biasa menggunakan bumbu kari instan, sehingga memasak lebih mudah dan bumbu instan memiliki waktu simpan yang lama. 


Sayang sekali hampir semua blok kari di Jepang tidak halal. Namun, ada beberapa produsen yang memproduksi bumbu kari yang muslim friendly karena tidak memakai bahan-bahan hewani. Berikut 3 diantaranya:



Golden Curry 

Bumbu kari yang diproduksi oleh S&B Foods Inc. ini tidak mengandung bahan hewani termasuk susu, telur, dan makanan laut. Dalam kemasan yang dibuat tahun 2015 tercantum dalam penjelasan mengenai hal tersebut dalam tiga bahasa, yaitu Jepang, Inggris dan Cina. 



Akakan Curry Mix Medium Hot 

Bentuknya yang bubuk membuat bumbu instan ini mudah dipakai. Produk ini sudah diuji dan tidak mengandung turunan babi, ayam, dan sapi. 


Indonoaji Butter Chicken Curry Paste

Produsen Mascot Foods Co. LTD mengatakan  bahwa produk ini tidak mengandung bahan yang berasal dari bahan hewani kecuali susu sapi. Produk ini tersedia di beberapa supermarket dan online di Jepang. 


Asri

Sumber: fooddiversity.today

Foto: fooddiversity.today, wikipedia