10 Makanan Khas Indonesia yang Super Lezat. Sudah Coba Semua?

10 Makanan Khas Indonesia yang Super Lezat. Sudah Coba Semua?

Makanan Indonesia sangat beragam, bermacam-macam dan kental dengan unsur kedaerahan. Mulai dari rasa pedas, gurih, manis sampai asam, bisa kita dapatkan di makanan Indonesia. Berikut ini adalah 10 makanan khas Indonesia yang super lezat. Sebagai orang Indonesia, kamu wajib mencoba semuanya!


1.        Mie Aceh

Dari namanya sudah tahu kan berasal dari mana makanan ini. Bahan dasar Mie Aceh adalah mie yang bentuknya lebih tebal daripada mie yang ada dalam makanan dari daerah lain. Mie biasanya dimasak dengan irisan daging atau seafood dan bumbu rempah. Mie Aceh biasanya dimasak dengan cara digoreng, direbus atau ditumis. 




2.        Mie Bangka

Satu lagi olahan mie yang khas dan bisa ditemui di berbagai daerah di Indonesia. Dengan bentuk mie yang lebih kecil, Mie Bangka paling enak saat disantap dengan tambahan sayur tauge dan acar ketimun. Jangan lupa topping ayam atau ikan dan kuah yang menyegarkan. 

 

3.        Rendang

Bisa jadi Rendang menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang paling terkenal. Beberapa waktu lalu, makanan yang berasal dari Sumatera Barat ini dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia oleh CNN. Cara memasak rendang adalah dengan memasak daging sapi bersama santan dan bumbu dalam waktu yang sangat lama. 

 



4.        Kerak Telor

Makanan ini biasanya akan kamu temui dibeberapa tempat wisata Jakarta, seperti Monas. Cara memasak Kerak Telor ini menarik untuk dilihat. Penjual akan membuat gosong ketan putih di wajan yang kemudian dicampur dengan kocokan telur bersama bumbu dan ebi. Rasanya unik dan bikin kangen. 

 

5.        Gudeg

Pecinta makanan manis pedas pasti tahu benar dengan makanan khas dari Jogjakarta ini. Sayur nangka muda yang dimasak dengan santan ini biasa disajikan dengan Nasi, Sambel Krecek (kerupuk kulit), Opor Ayam Kampung dan Telur serta aren (kuah santan kental). 



 

6.        Rujak Cingur

Banyak yang urung mencoba makanan khas Jawa Timur ini karena bahan utamanya yang adalah mulut atau moncong sapi. Selain irisan mulut sapi, rujak cingur juga terdiri dari mentimun, manga muda, nanas, bengkuang, kedondong. Ada pula tahu, tempe, lontong, taoge, kangkung dan kacang panjang. Bahan-bahan itu kemudian disiram petis udang dan bumbu lainnya. 

 

7.        Bika Ambon

Meski namanya ada kata Ambon, tapi kue tradisional berwarna kuning itu berasal dari Sumatera Utara. Kue yang terbuat dari bahan-bahan seperti telur, gula dan santan ini populer sebagai oleh-oleh saat seseorang mengunjungi kota Medan. Rasanya yang lembut sepertinya adalah alasannya. 



 

8.        Sup Konro

Dari Sulawesi Selatan ada Sup Konro yang bahannya adalah iga atau daging sapi. Hadir dengan kuah berwarna cokelat kehitaman yang berasal dari buah kluwek. Sup Konro memang merupakan makanan dengan rasa rempah yang dominan. Sup Konro biasa disajikan dengan ketupat. 

 

9.        Pempek

Makanan yang berasal dari Sumatera Selatan ini terkenal sekali di Indonesia. Kamu akan menemukan banyak penjual pempek di berbagai daerah. Pempek terbuat dari olahan ikan yang dicampur dengan tepung sagu. Pempek disajikan dengan kuah cuka yang manis asam serta irisan ketimun. Sangat menyegarkan!



 

10.   Papeda

Makanan khas daerah Papua ini terbuat dari sagu yang dimasak sampai akhirnya berubah menjadi bubur. Rasanya hambar dan teksturnya lengket. Papeda biasa disantap dengan Ikan Kuah yang rasanya pedas serta sayuran. 

 

 

Asri Mirza

Foto: Selerarasa, YouTube, RomaDecade, Gudegyujumpusat