Tren Wisata 2021: Wisata Domestik dan Wisata Alam Jadi Favorit

Tren Wisata 2021: Wisata Domestik dan Wisata Alam Jadi Favorit

Menurut Kemenparekraf (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), tahun 2021 masyarakat Indonesia akan cenderung memilih wisata domestik dan wisata alam. 


Hal tersebut dikemukakan oleh Direktur Kajian Strategis Kemenparekraf, Wawan Rusiawan, dalam webinar bertajuk 'Outlook Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2021', Selasa 24 November 2020. 


"Tren wisata di masa COVID-19 yang dapat dikatakan masih berlangsung pada 2021, yang pertama adalah masyarakat masih memilih tujuan wisata domestik. Kemudian juga kita lihat wisata alam menjadi populer," ujar Wawan Rusiawan. 


Karena itulah Kemenparekraf berusaha untuk fokus membenahi destinasi wisata alam, yang akan menjadi primadona pascapandemi COVID-19. "Kita ke depan harus mencari cara-cara baru bagaimana pariwisata di Indonesia bisa lebih menarik dan berkembang,” jelas Wawan. 


Berwisata di era pandemi dan pasca pandemi akan sedikit berbeda. Wisatawan akan mencari tempat wisata yang menerapkan protokol kesehatan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environmental Sustainability). 


"Protokol kesehatan berbasis CHSE ini menjadi sebuah hal yang penting bagi pemerintah maupun masyarakat. Dan wisatawan akan  selektif bagaimana memilih destinasi yang aman untuk mereka kunjungi," ujar Wawan. 


Asri

Foto: Asri