Tips Memakai Masker Secara Benar

Tips Memakai Masker Secara Benar

Masih banyak masyarakat yang belum memahami benar fungsi dan kegunaan dari setiap jenis dan lapisan pada masker. Alhasil, penggunaan masker menjadi tidak optimal. Hal ini juga diungkapkan oleh dr. M. Riedha, BMedSc, MSc dari Aksi Cepat Tanggap (ACT).

 

“Yang akhir-akhir ini orang sering salah kaprah adalah penggunaan masker. Pada masker surgical, misalnya. Banyak isu beredar untuk orang sehat, bagian putih yang diletakkan di bagian luar atau sebaliknya. Padahal yang benar adalah, baik sedang sakit maupun sehat, yang diletakkan di bagian luar tetap lapisan berwarna biru atau hijau,” jelas dr. Riedha.

 

Hal ini, lanjutnya, berkaitan dengan fungsi masing-masing lapisan. Bagian paling luar untuk mencegah virus dan bakteri penyakit masuk, sementara bagian paling dalam untuk menyerap. Bayangkan jika dibalik, yang ada justru virus dan bakteri terserap.

 

Tata cara penggunaan masker menjadi hal perlu diperhatikan. Berdasarkan keterangan dr. Riedha, ada lima tahap penggunaan masker, diantaranya:

 

1.     Pastikan ukuran masker pas dengan wajah.

2.     Cuci tangan sebelum menyentuh masker.

3.     Tentukan sisi atas dan luar masker, biasanya ditandai warna dan garis.

4.     Gunakan masker secara benar. Untuk masker tali, posisikan kawat di atas hidung menggunakan jari. Sedangkan untuk masker karet, kaitkan tali di belakang telinga.

5.     Panjangkan masker hingga menutupi bagian yang harus ditutupi.

 

Yunita

Sumber foto: freepik.com