Rumah Atsiri Indonesia, Wisata Alternatif nan Unik

Rumah Atsiri Indonesia, Wisata Alternatif nan Unik

Berlokasi di Desa Plumbon, Tawangmangu, Solo, Rumah Atsiri menjadi destinasi wisata terbaru yang menawarkan pengalaman unik untuk pengunjungnya. Mulai dari aktivitas pembuatan minyak, mengetahui sejarah minyak atsiri, kelas slime dan bath bomb untuk anak-anak hingga program glamping. 




Arsitektur Dulu dan Kini

Rumah Atsiri berdiri di bekas pabrik terbengkalai yang tadinya merupakan pabrik penyulingan serai yang berdiri pada 1963. Revitalisasi kemudian dilakukan oleh Rumah Atsiri Indonesia. 


Bangunan asli yang menjadi identitas situs tetap dipertahankan, bergabung dengan bangunan baru. Kamu bisa melihat perbedaan bangunan dulu dan kini lewat bahan yang digunakan. Desain lama (bangunan utama) sebagian besar menggunakan beton dan besi, sedangkan yang baru menggunakan baja, kayu, dan kaca.


Definisi Minyak Atsiri

Minyak atsiri adalah jenis minyak yang berasal dari bahan nabati, mengandung puluhan atau bahkan ratusan bahan campuran. Ada beberapa tanaman yang mengandung minyak atsiri, yaitu nilam, sereh, cengkeh, pala, cendana dan lainnya.


Di Rumah Astiri Indonesia kamu bisa melihat pembuatan minyak atsiri, mengetahui sejarah minyak atsiri juga mengetahui "turunan" minyak atsiri.




Beragam Aktivitas Menarik 

Lokasinya yang berada di kaki gunung membuat Rumah Atsiri Indonesia menyajikan pemandangan yang cantik. Berpadu dengan tumbuhan rimbun, bunga-bunga yang bermekaran juga arsitektur keren membuat Rumah Atsiri Indonesia cocok banget buat kamu penyuka fotografi.


Namun, tidak hanya itu saja, banyak yang bisa dilakukan selain berfoto. Rumah Atsiri Indonesia memiliki program tur satu hari dan setengah hari dengan aktivitas menarik seperti melihat pembuatan minyak atsiri, jalan-jalan dengan guide di taman dan museum juga workshop.




Ada juga program glamping, yaitu menginap di  "tenda" yang artistik dan menjalani berbagai program menarik. Mulai dari menunggang kuda melewati pedesaan, belajar membatik, juga jalan-jalan di kebun teh menuju air terjun. 




Aktivitas edukasi ditekankan di sini. Membuat sabun, slime, dengan aroma yang bisa dipilih sendiri. Membuat minyak rambut, berkebun, melukis pot, dan kelas ecoprint (teknik mewarnai dan memberi pola pada kain dengan mengeluarkan pigmen tanaman). 


Foto: Instagram @rumahatsiri