Panduan Praktis Liburan ke Jembatan Gantung Situ Gunung

Panduan Praktis Liburan ke Jembatan Gantung Situ Gunung

Kawasan Situ Gunung di Sukabumi akhir-akhir ini ramai dibicarakan karena memiliki jembatan gantung atau sky bridge. Pengunjung banyak yang penasaran untuk melihat jembatan gantung paling panjang di Indonesia ini. Sebelum pergi ke Situ Gunung untuk melihat jembatan gantung yang fenomenal ini, ada baiknya kamu simak dulu panduan berikut ini!

1. Datang Lebih Pagi
Jembatan gantung ini memang sedang menjadi bahan pembicaraan. Nggak heran pengunjungnya banyak banget. Ketika masa liburan tiba, jembatan gantung ini bisa dikunjungi sekitar 5000 sampai 10.000 orang. Karena itu, datanglah lebih pagi bila ingin menikmati suasana di sekitar jembatan gantung. Datang pagi, selain udaranya lebih bersih, cuaca juga belum terlalu panas. Dan pengunjung lebih sedikit, hingga kamu bisa berfoto dengan lebih leluasa. 

2. Tidak Perlu Membawa Bekal
Pengunjung harus membayar Rp16.000,- untuk masuk ke kawasan Situ Gunung dan membayar Rp50.000,- untuk masuk ke kawasan jembatan gantung. Selain bisa melewati jembatan gantung, pengunjung juga mendapat welcome drink berupa kopi dan teh juga makanan ringan seperti singkong rebus, keripik singkong dan pisang rebus. Selain makanan “gratis” tersebut, masih banyak penjual makanan di area ini. Ada bakso, mie rebus juga sajian makanan Sunda dengan harga yang masuk akal. Jadi, tidak perlu berat membawa bekal. 

3. Pakai Pakaian dan Sepatu Nyaman
Jalanan menuju jembatan penuh dengan batu. Kalau memakai sandal, batu-batuan kadang suka menusuk kaki. Sepatu olahraga dengan sol nyaman adalah pilihan tepat. Pilih juga pakaian yang nyaman dan enak untuk dipakai jalan. 

4. Bawa Uang Cash
Transaksi yang dilakukan di Situ Gunung ini semuanya dengan uang cash. Di loket sebenarnya tersedia mesin untuk debit dan kartu kredit, namun lebih sering terjadi gangguan. Lebih baik bila kamu menyiapkan uang cash saja. 

5. Tepati Peraturan
Jembatan sepanjang 240 meter ini membentang di atas hutan. Bagi yang takut akan ketinggian akan sulit melewati jembatan ini. Belum lagi, jembatan yang selalu bergoyang akan membuat mual. Bila takut ketinggian, nggak usah malu untuk mengakuinya. Daripada malah merepotkan orang lain. Baca juga peraturan sebelum menyebrang. Pengunjung harus menggunakan sabuk keselamatan, selalu mendengarkan arahan petugas dan jangan melompat-lompat di atas jembatan. 

6. Panduan Transportasi
Buat kamu yang mau ke Situ Gunung, ada beberapa pilihan transportasi. Pilihan ternyaman adalah naik kereta api Pangrango Bogor-Sukabumi dan berhenti di Stasiun Cisaat, lalu lanjut naik angkot berwarna merah. Kamu juga bisa naik kendaraan pribadi atau taksi online. 

Asri Mirza