Nusa Penida, Pulau Cantik dengan Banyak Pesona

Nusa Penida, Pulau Cantik dengan Banyak Pesona

Nusa Penida yang letaknya di sebelah tenggara Pulau Bali ini memiliki pesona alam yang tidak kalah cantiknya dengan Pulau Bali. Pantai-pantai menakjubkan yang berpadu dengan laut jernih serta bukit-bukit hijau seperti membuktikan bahwa Nusa Penida wajib menjadi destinasi yang harus dikunjungi. 


Cara Menuju Nusa Penida

Karena lokasinya dekat dengan Pulau Bali, banyak yang memutuskan untuk mengunjungi Nusa Penida dalam satu hari saja. Pulau yang berada di Kabupaten Klungkung, Bali ini bisa dicapai dengan menaiki helikopter atau dengan cara yang lebih murah dan umum yaitu naik kapal cepat.


Ada beberapa pelabuhan yang melayani rute Bali-Nusa Penida. Paling mudah dijangkau adalah dari Pantai Sanur yang banyak memberikan pilihan fast boat dengan berbagai harga tiket mulai dari Rp 75.000,- s/d Rp 150.000,-.



Pasir Putih yang Lembut

Ada banyak sekali objek wisata favorit dengan pemandangan menakjubkan di Nusa Penida. Tapi, bila waktu yang dimiliki hanya sehari saja untuk menjelajah Nusa Penida, sebaiknya kunjungi objek wisata favorit. 


Nusa Penida terkenal dengan pantai berpasir putih yang lembut sekali saat kaki melangkah. Kunjungi Pantai Atuh jika kamu ingin merasakan kelembutan pasir putih. Atau bisa juga datang ke Pantai Suwehan. Di pantai ini, selain pasir putih ada juga batu karang berbentuk wayang.



Indah dari Atas Bukit

Keistimewaan Nusa Penida adalah bisa melihat pantai dari atas bukit. Contohnya adalah Pantai Kelingking yang terkenal karena keindahan alam yang terlihat dari atas bukit. Dari atas, terlihat batu karang yang  bila diperhatikan menyerupai dinosaurus T Rex. Batu karang kokoh, pasir putih dan laut biru, sungguh perpaduan yang mempesona. 


Pemandangan indah lainnya yang bisa dinikmati dari atas bukit adalah Raja Lima di Bukit Atuh yang keindahannya setara dengan Raja Ampat di Papua. Gugusan karang putih berpadu dengan tanaman liar berwarna hijau benar-benar memanjakan mata.


Angel Billabong dan Broken Beach

Dua destinasi ini merupakan objek wisata favorit di Nusa Penida yang lokasinya bersebelahan. Di Angel Billabong kita bisa melihat karang-karang bolong hasil serbuan air laut yang membentuk ceruk-ceruk. Berendam di ceruk-ceruk ini seperti sedang berendam di bath tube. Tentu saja dengan pemandangan yang sangat indah.




Dari Angel Billabong, destinasi selanjutnya adalah Broken Beach yang pemandanganya indah sekali terlihat dari atas bukit. Batu karang kokoh yang memiliki lubang di tengahnya ini memang sangat ikonik. Membuktikan bahwa air yang lembut pun bisa mengikis batu karang yang kokoh. Berenang di sini tidak disarankan karena sangat berbahaya.




Pemandangan Bawah Laut

Satu hal yang tidak boleh dilewatkan ketika mengunjungi Nusa Penida adalah melihat pemandangan bawah laut. Crystal Bay adalah salah satu spot yang direkomendasikan. 


Air yang tenang dan jernih serta banyaknya flora dan fauna laut menjadi alasannya. Hati-hati dengan ubur-ubur, yang mesti terlihat cantik namun sengatannya terasa menyakitkan. Kunjungi juga Manta Bay, buat kamu yang ingin diving bersama ikan manta. 


Asri

Foto: Asri, Instagram/the_next_pebble