Nikmati 4 Makanan ini saat Jalan-jalan ke Penang

Nikmati 4 Makanan ini saat Jalan-jalan ke Penang

Penang identik dengan wisata kulinernya. Beragam makanan lezat bisa ditemukan dan disantap. Makanan di Malaysia dipengaruhi oleh berbagai kebudayaan. Mulai dari makanan India, Melayu, China Peranakan, Kalimantan hingga Portugis, Belanda dan Inggris. Hasil dari percampuran itu menghasilkan makanan yang beragam, kaya rasa dan cocok di lidah orang Indonesia karena ada kemiripan dengan makanan Indonesia. Apa saja makanan yang wajib dicoba saat berkunjung ke Penang?


1. Mie Sotong Hameed Pata

 Atas rekomendasi dari seorang pengemudi taksi online, saya mencoba mie sotong Hameed Pata yang terletak di Esplanade Park, Padang Kota Lama. Kedai mie ini mencolok karena antrian pengunjung yang sangat panjang. Setelah antri selama kurang lebih 30 menit, akhirnya saya mencoba mie sotong yang terkenal ini. Ternyata, rasanya memang enak. Dengan warna merah kecoklatan, rasa mie ini agak sedikit manis namun menjadi lezat ketika diberi perasan jeruk yang menyegarkan. 


2. Nasi Kandar Pelita

 Sebenarnya di Penang banyak penjual Nasi Kandar. Tapi saya mencoba Nasi Kandar Pelita yang terletak di Jalan Macalister. Penjual Nasi Kandar kebanyakan adalah warga Malaysia keturunan India atau Tamil. Nasi Kandar itu seperti Nasi Rames atau Nasi Padang. Jadi, kita bisa memilih sendiri lauk yang diinginkan untuk teman nasi putih. Lauknya beragam mulai dari ayam kari, udang goreng, telur balado dan cumi gulai. 


3. Es Cendol Teochew

 Cuaca Penang yang sangat panas membuat siapapun ingin minum yang dingin dan menyegarkan. Pilihan jatuh pada Es Cendol Teochew. Kedai Es Cendol yang terletak di Lebuh Keng Kwee ini sangat terkenal sehingga pengunjung harus antri panjang untuk menikmati semangkok cendol. Tapi, kedai ini memiliki cabang di Gurney Plaza, jadi bila tidak ingin antri lama dan  berpanas-panasan, kedai di mal ini cocok jadi pilihan. Rasa manis dari gula aren ditambah gurihnya santan berhasil membuat rasa haus menghilang. 


4. Kue Tambun Ban Heang

 Untuk oleh-oleh, Penang punya kue khas yang cocok dijadikan buah tangan. Namanya Kue Tambun. Di Indonesia, kue ini seperti bakpia dengan beragam isian. Namun, beda dengan bakpia, kulit Kue Tambun, rasanya asin dengan rasa bawang yang cukup dominan. Perpaduan rasa asin dan manis, membuat kue tambun memiliki rasa yang unik. Yang lebih menyenangkan, kue tambun Ban Heang sudah mendapatkan sertifikat Halal. (Asri Mirza)