Mencicipi Tokpoki Instan Bersertifikat Halal MUI

Mencicipi Tokpoki Instan Bersertifikat Halal MUI

Saat sedang berbelanja bulanan, saya melihat Tteokbokki atau Tokpoki yang hadir dalam kemasan berwarna kuning yang menarik perhatian. Sebagai penggemar drama Korea tentu saja saya penasaran untuk mencoba Tokpoki, makanan berbahan dasar tepung beras yang rasanya kenyal, yang sering saya lihat di drama.




Apalagi dalam kemasan tertulis bahwa Tokpoki ini dibuat dan diimport langsung dari Korea. Dalam kemasan juga tertulis bahwa ini adalah Tokpoki halal dan instan pertama di Indonesia. Wah, langsung semangat untuk mencoba. 


Tapi, setelah saya perhatikan lagi, di kemasan tertulis bahwa produk ini mengandung alkohol atau disebut juga etanol.  Namun, bukankah produk ini sudah mendapat sertifikat Halal dari MUI?



Dari website halalmui.org, saya mendapat penjelasan bahwa alkohol yang digunakan adalah sebagai bahan penolong proses. Etanol digunakan untuk mencegah pertumbuhan mikroba. 


Muti Arintawati dari LPPOM MUI menjelaskan bahwa etanol masih dapat digunakan dalam proses produksi produk halal bila sumber etanol bukan berasal dari hasil industri fermentasi khamr atau diproduksi secara sintetik. 


Bila produk tersebut sudah memiliki sertifikat halal MUI berarti telah dipastikan bahwa sumber etanol bukan berasal dari khamr, begitu pun titik kritis kehalalan lain yang terdapat dalam Tteokbokki instan.


Dengan adanya penjelasan tersebut, maka saya menjadi yakin untuk memasak Tokpoki instan ini. Saat membuka kemasan, ada dua kemasan berisi kue beras putih dan saus berwarna merah. 


Mengikuti petunjuk di kemasan, saya pun memasak 100ml air, lalu saya masukkan saus dan kue beras. Saya aduk-aduk hingga saus mengental dan kue beras melunak. 




Penampilan Tokpoki yang sudah dimasak ini menggiurkan, dengan kuah merona, sudah mirip dengan tampilan Tokpoki yang sering saya lihat di drama Korea. Ternyata saat mencoba, rasa pertama yang didapat adalah pedas. 


Pedasnya bukan tipe pedas karena makan Sambal Korek atau Makanan Padang, namun pedas menyengat yang membuat lidah sedikit panas. Meski begitu, Tokpoki instan ini enak, kue berasnya memiliki kekenyalan yang pas. Cocok banget dimakan bersama teman atau keluarga. 


Asri

Foto: Agung, Dok. Korinus