Mencicipi dan Mencari Jajangmyeon Halal

Mencicipi dan Mencari Jajangmyeon Halal

Kuliner yang berasal dari Korea ini sering sekali muncul di drama Korea. Jajangmyeon adalah mie yang disajikan dengan saus kedelai berwarna hitam dan daging babi. Karena campuran daging babi inilah maka umat muslim pecinta makanan Korea harus waspada saat menyantap makanan ini. 


Saya mencicipi Jajangmyeon saat berkunjung ke Seoul pada akhir 2018 di Makan Halal Korean Restoran. Semua makanan yang disajikan di restoran yang terletak di daerah Itaewon ini halal semua. Karena itu saya tidak ragu saat memesan Jajangmyeon. Soalnya, Jajangmyeon yang dijual di restoran Korea kebanyakan menggunakan daging babi dalam campuran sausnya. 



Saat Jajangmyeon datang, warna hitam dari saus pasta kedelai langsung menarik perhatian. Saat saya cicipi di suapan pertama, rasanya benar-benar campur aduk. Perpaduan rasa manis dan gurih seperti bertabrakan dalam lidah saya. Meski suapan pertama bikin kaget, lama-lama saya menikmati juga rasa Jajangmyeon yang unik ini. 


Jajangmyeon mungkin bukan kuliner Korea favorit saya. Tapi banyak yang menyukai kuliner yang mendapat pengaruh dari Cina ini. 

Bagi umat muslim agak sulit memang mencari Jajangmyeon yang halal. Untungnya di Indonesia ada yang menjual Jajangmyeon halal yang sudah bersertifikat halal MUI.




Kamu bisa mencoba Jajangmyeon di jaringan restoran Mujigae. Rasa Jajangmyeon di restoran ini tidak kalah enak dengan yang saya makan di Seoul. Mujigae juga menjual Jajangmyeon instan dalam kemasan.




Atau kamu bisa membuat Jajangmyeon sendiri menggunakan bumbu yang sudah jadi. Merek Mokgo Food menjual chunjang atau saus kedelai hitam. Tinggal tambahkan mie, maka sensasi makan Jajangmyeon ala drama Korea pun bisa kamu dapatkan. 


Asri

Foto: Asri, Dok.Mujigae, Dok.Mokgofood