Luti Gendang, Jajanan Halal Khas dari Kepulauan Riau

Luti Gendang, Jajanan Halal Khas dari Kepulauan Riau

Mendengar namanya yang unik, traveler muslim pasti penasaran dengan jajanan Luti Gendang, makanan ringan dari Pulau Tarempa (Kabupaten Kepulauan Anambas), Provinsi Kepulauan Riau.


Luti Gendang adalah roti goreng dengan isian Abon Ikan. Dilihat sekilas bentuknya mirip dengan roti goreng pada umumnya. Yang membedakan adalah isinya yang menggunakan ikan dan campuran bumbu lainnya. 




Rasa adonan roti yang cenderung manis berpadu dengan isian abon ikan yang gurih, menghasilkan sebuah perpaduan yang pas. Tidak heran, Luti Gendang menjadi jajanan primadona para traveler domestik, juga mancanegara saat berkunjung ke Kepulauan Riau. 

 

Untuk mencicipi Luti Gendang, traveler muslim tidak perlu menyebrang jauh ke Anambas, daerah asal makanan ini berasal. Luti Gendang banyak dijual di Batam. Saking banyaknya penjaja Luti Gendang di Batam, banyak yang mengira bahwa makanan ini adalah makanan khas Batam. 


Banyaknya penjual Luti Gendang di Batam, membuat siapapun yang berkunjung ke Batam harus mencicipinya langsung. Soalnya, Luti Gendang akan lebih nikmat bila disantap langsung di kedainya.

 

Bagi traveler muslim tidak perlu khawatir untuk menyantap Luti Gendang. Beberapa merek Luti Gendang sudah mencantumkan label Halal MUI.

 

Salah satunya Kedai Mi Tarempa yang merupakan pelopor lahirnya Luti Gendang di Batam. Banyak yang mengakui rasa Luti Gendang di toko ini paling lezat dibanding toko-toko lainnya. Produknya pun sudah mengantongi sertifikat halal MUI. 

 

Yunita

Foto: IDN Times