Lebih Tenang dengan Memilih Kosmetik Bersertifikat Halal MUI

Lebih Tenang dengan Memilih Kosmetik Bersertifikat Halal MUI

Memilih kosmetik yang halal sekarang ini merupakan hal yang cukup mudah. Semakin banyak produsen kosmetik yang sadar pentingnya memproduksi kosmetik halal yang bisa dipakai wanita muslim. Selain aman untuk kulit, memakai kosmetik bersertifikat halal membuat kita lebih tenang dan jauh dari rasa was-was. 


Pentingnya Memilih Kosmetik Halal

Selain memilih kosmetik dari bahan yang berkualitas, penting untuk memilih kosmetik yang telah mendapat sertifikat halal MUI. 


“Kosmetik digunakan sehari-hari, sehingga menempel di kulit dan akan terbawa saat melakukan ibadah shalat. Ketika shalat, seseorang harus terbebas dari najis. Sekarang, bagaimana ceritanya kalau di kulit kita menempel kosmetik yang mengandung najis? Artinya, shalat menjadi tidak sah karena ada najis menempel di tubuh,” jelas Direktur Eksekutif LPPOM MUI, Ir. Muti Arintawati, M.Si, dikutip dari halalmui.org.


Bahan Alami = Halal?

Produk yang diklaim 100% berasal dari bahan alami tidak menjamin kehalalan produk, karena ekstrak hewan juga termasuk alami. Terkdang beberapa produsen kosmetika menggunakan istilah tersembunyi, seperti “protein” untuk mengganti “plasenta”. 


Pilih yang Bersertifikat Halal

Sebagai orang awam, cara paling mudah memilih produk kosmetik halal adalah dengan melihat logo halal MUI di kemasan produknya. Cara berikutnya adalah dengan mengecek nama produk di website atau aplikasi halalmui. 


Per Agustus 2021, ada lebih dari 3.400 produk kosmetik halal dengan 711 sertifikat halal dari 286 perusahaan beredar di Indonesia. 


Banyaknya pilihan tersebut membuat kita sebagai konsumen bisa memilih mana produk kosmetik yang terbaik, dan menjauhi kosmetik yang tidak jelas kehalalannya.