Keuntungan Konsumsi Pangan Lokal sebagai Bagian Hidup

Keuntungan Konsumsi Pangan Lokal sebagai Bagian Hidup

Definisi pangan lokal adalah pangan/makanan yang ada di suatu daerah. Didapatkan dari daerah tersebut, diolah dan dikonsumsi oleh masyarakat daerah itu juga. 


Di Papua misalnya, tersedia berbagai sumber pangan lokal yang bisa dijadikan sumber karbohidrat. Ada ubi jalar, talas, sagu, jawawut dan banyak lagi. 


Karena bersumber dari alam yang dekat dengan kita, mengonsumsi pangan lokal memberikan banyak keuntungan. yaitu:


1. Makanan segar dibanding makanan impor. Karena tumbuh dan diproduksi di daerah sekitar yang dekat dengan kita, bahan makanan tidak perlu dikemas atau ditambahkan zat pengawet. Sehingga sampai pada konsumen dalam keadaan segar dan rasanya tentu lebih enak.


2. Lebih bergizi karena tidak membutuhkan waktu yang lama dalam proses pengantaran. Artinya, buah atau sayur tidak mengalami penurunan nutrisi karena tidak perlu melewati perjalanan yang terlalu jauh atau disimpan terlalu lama di lemari penyimpanan.


3. Mencegah bumi dari kerusakan. Dengan mengonsumsi pangan lokal, kita juga ikut mengurangi sampah kemasan makanan dan tidak menyumbang jejak polusi dari transport pengantaran makanan.


4. Mendukung perekonomian lokal. Pangan yang kita beli langsung dari petani atau nelayan dapat membuat para petani dan nelayan mendapatkan keuntungan langsung ke tangan mereka sendiri. Sehingga, lebih banyak perputaran uang di kalangan lokal.


Sudahkah konsumsi pangan lokal?