Jenis-jenis Minuman Kopi yang Wajib Kamu Tahu

Jenis-jenis Minuman Kopi yang Wajib Kamu Tahu

Jenis minuman kopi apa sih, yang biasa dipesan saat berkunjung ke kedai kopi? Minuman kopi sangat beragam jenisnya. Dibedakan sesuai dengan proses penyajian dan pengolahannya. Yuk, cari tahu mengenai jenis-jenis minuman kopi!

 

1.    Espresso

Dinamakan Espresso karena berasal dari bahasa Italia yang berarti cepat. Espresso merupakan minuman yang dihasilkan dengan mengekstrasi biji kopi menggunakan uap panas bertekanan tinggi. Prosesnya yang cepat, membuat minuman ini kemudian dinamakan espresso.

 

2.    Coffee Latte

 Sementara jenis minuman Coffee Latte adalah menambahkan susu pada Espresso dengan perbandingan 3:1. Coffee Latte dalam bahasa Italia artinya adalah kopi susu.

 

3.    Cappuccino

 

Ada lagi minuman lain bernama Cappuccino. Penampilannya mirip dengan Coffee Latte. Namun, dari segi komposisi, Cappuccino terdiri dari Espresso, susu dan busa susu.

 

4.    Coffee Roaster

Sekarang, dikenal pula istilah Coffee Roaster, yang bisa diartikan sebagai jenis kopi yang telah melalui proses roasting (cara memasak biji kopi). Saat biji kopi dimasak, biji-biji tersebut menghasilkan panasnya sendiri karena ada reaksi kimia. Saat kemudian diseduh, biji kopi ini akan menghasilkan rasa yang berbeda, tapi tetap nikmat.

Selain dijual dalam bentuk minuman, Coffee Roaster juga dijual dalam bentuk bubuk dan disimpan dalam kemasan cantik. Beberapa pelanggan, menyukai aroma kopinya dan ingin mencoba untuk menyeduhnya di rumah.

 

Manakah jenis minuman kopi favorit kamu?

 

Asri Mirza

Foto: espressozone