Gunung Merapi dan Wisata di Sekitarnya

Gunung Merapi dan Wisata di Sekitarnya

Gunung Merapi yang di awal 2021 kembali memuntahkan lava pijarnya merupakan gunung api teraktif di Indonesia. Sejak erupsi di 2010 silam, Gunung Merapi banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun internasional. 




Pesonanya yang magis menjadi salah satu alasan gunung yang terletak di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah ini dikunjungi. Selain itu, ada beberapa tempat dan aktivitas menarik di sekitar Merapi. Apa saja? 



Merapi Jeep Adventure

Menikmati panorama Merapi yang magis akan lebih seru sambil naik mobil jip. Wisata naik mobil jip ini menjadi favorit. Kamu akan diajak menikmati indahnya Gunung Merapi ala offroad melewati jalan-jalan yang terkena erupsi 2010 silam. 




Kamu juga diajak melihat Kali Kuning, Bungker Kaliadem, Batu Alien, Museum Sisa Hartaku, Makam Mbah Maridjan juga menikmati sunrise di Merapi. 



Museum Sisa Hartaku

Kalau kamu ikut tur dengan jip maka kamu akan mengunjungi Museum Sisa Hartaku. Museum ini tadinya diberi nama The House of Memory, namun lebih dikenal dengan Museum Sisa Hartaku. Nama yang menjadi refleksi bahwa museum ini menyimpan berbagai harta benda, yang hancur akibat erupsi. 



Lihat saja sepeda motor yang rusak, jam dinding yang nyaris meleleh, berbagai macam perabotan rumah tangga seperti kursi, meja, piring, cangkir, ember yang nyaris meleleh akibat panasnya lava merapi. Ada pula tengkorak dari binatang yang tidak bisa menyelamatkan diri saat lelehan lava mengalir. 



Museum Gunung Merapi

Terletak di Desa Harjobinangrum, Sleman, bentuk museum ini menarik karena unik mirip kerucut. Di belakang museum terlihat Gunung Merapi berdiri gagah. Di museum ini kamu bisa mempelajari evolusi kerak bumi, melihat gunung api aktif di Indonesia dan dunia, tipe letusan, hingga bagaimana melakukan mitigasi jika terjadi letusan gunung. 


Museum Gunung Merapi diharapkan menjadi wahana edukasi konservasi yang berkelanjutan serta pengembangan ilmu kebencanaan gunungapi, gempabumi, dan bencana alam lainnya.



Menyantap Burger Jawa

Salah satu kuliner khas di lereng Gunung Merapi yang harus dicoba adalah Burger Jawa. Makanan ini terdiri dari Tempe Bacem dan Jadah (makanan terbuat dari ketan yang dicampur parutan kelapa). Tadinya makanan ini disebut Jadah Tempe, saat memakannya kamu menyantapnya bersamaan. Sepotong Jadah ditangkup dengan sepotong Tempe. 


Namun cara makannya kemudian berubah, dua buah Jadah ditangkup dengan satu Tempe Bacem ditengahnya, jadinya seperti makan Burger. Cara makan inilah yang melahirkan istilah Burger Jawa. Rasanya? Manis tempe bacem berpadu dengan rasa gurih Jadah menjadikan makanan ini patut dicoba. 


Asri

Foto: Asri, mgm.slemankab.go.id, Instagram @samkuliner