Garret Popcorn Akui Tidak Halal, Ini Dia Kandungan Bahannya

Garret Popcorn Akui Tidak Halal, Ini Dia Kandungan Bahannya

Meski belum masuk ke Indonesia secara resmi, Garret Popcorn menjadi salah satu camilan favorit warga Indonesia. Banyak warga Indonesia yang membeli popcorn asal Chicago, Amerika Serikat saat berkunjung keluar negeri atau membeli lewat jastip (jasa titip). 

 

Belum lama ini, kehebohan mengenai Garret Popcorn yang dikabarkan tidak halal beredar di social media. Akun Instagram @anca.id menyebutkan bahwa popcorn yang sudah ada sejak 1949 ini tidak halal. 

 

"Garrett Popcorn. TIDAK HALAL. Jangan shock, jangan denial. Tapi dari konfirmasi @dianwidayanti dengan Garrett, pihak Garrett sudah konfirm bahwa produk mereka tidak halal. Jadi dear Muslim, stop jastip Garret ya, masih banyak makanan halal di luar sana," tulis @anca.id pada awal Juli 2019.

 

Pihak Garret Popcorn memang menyatakan bahwa produk mereka tidak halal. “Sayangnya Garret tidak halal karena proses pembuatan yang digunakan untuk membuatnya,” tutur pihak Garret Popcorn. 


 


Kemudian, Garret Popcorn menjelaskan bahwa meski dalam proses pembuatan yang digunakan tidak memiliki sertifikat halal, namun bahan-bahan yang digunakannya tidak ada daging babi, lemak babi dan alkohol.

 

“Untuk daftar bahan-bahan yang kami gunakan untuk setiap resep, bisa dilihat langsung di situs kami,” jelas Garret dalam akun Twitter @GarretPopcorn. 

 

Dalam situs resmi Garret Popcorn, bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan popcorn ini adalah gula, butter, sirup, garam, soda kue, kacang, kedelai juga produk olahan susu. Ada pula bahan-bahan sesuai musim yang sering digunakan Garret seperti greentea. 

 

Seperti sudah diketahui, untuk memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi halal atau haram perlu dilakukan kajian dan pemeriksaan secara mendalam. Dengan majunya teknologi pengolahan pangan membuat kandungan barang haram masuk ke produk makanan dan minuman tanpa bisa dideteksi dengan mata telanjang dan harus pemeriksaan secara seksama. 

 

Karena itu, meski bahan baku utama tidak ada unsur babi atau alkohol, bisa jadi kandungan bahan babi dan turunannya serta alkohol ada di bahan-bahan tambahan. 

 

Asri Mirza

Sebagian Sumber: www.halalmui.org

Foto: timeout.com