Es Cendol Elizabeth, Minuman Menyegarkan dari Bandung

Es Cendol Elizabeth, Minuman Menyegarkan dari Bandung

Penyuka minuman manis gurih pasti kenal dengan minuman cendol. Minuman yang berasal dari campuran tepung aci, gula kelapa dan daun suji sebagai pewarna hijau ini sering dikonsumsi pada siang hari atau untuk minuman takjil kala buka puasa tiba. Di Bandung, Jawa Barat ada satu merek terkenal yang menjual cendol, yaitu Es Cendol Elizabeth. 


Mangkal Depan Toko Tas

Es Cendol Elizabeth mulai dijajakan pada 1972 oleh Rohman dengan gerobak. Awalnya, Rohman memulai berjualan di kawasan Leo Genteng, Astana Anyar, Kota Bandung. 


Dikutip dari liputan6.com, setelah berkeliling Rohman selalu memarkirkan jualannya ke sebuah rumah di Jalan Ciateul, milik Ibu Elizabeth yang kemudian mendirikan toko tas bernama Elizabeth. 


Rohman kemudian mangkal depan toko tas tersebut. Dan lama kelamaan, cendol yang dijualnya pun disebut sebagai cendol Elizabeth hingga saat ini. 


Favorit sampai Sekarang

Es Cendol Elizabeth tetap diminati sampai sekarang. Bahkan saat bulan Ramadhan, penjualan Es Cendol Elizabeth makin meroket hingga sepuluh kali lipat. 


Tidak hanya di Bandung, Es Cendol Elizabeth pun makin dikenal di luar Bandung. Rohman dan keluarganya pun sudah tidak menjual cendol di gerobak lagi, namun hanya menjual Es Cendol Elizabeth di gerai resmi di jalan Jalan Inhoftank, Kota Bandung. Sistem penjualan ini pun melahirkan reseller yang menjual Es Cendol Elizabeth di berbagai tempat, mulai dari gerobak hingga restoran.


Memilih Cendol yang Halal

Meski cendol memakai bahan yang alami, namun perlu juga mencermati titik kritis halal cendol. Bisa dari pembuatannya, apakah terkontaminasi bahan tidak halal, asal bahannya dan banyak faktor lainnya. 


Dikutip dari website halalmui, ada beberapa merek cendol yang sudah memiliki sertifikat halal dari MUI. Pilihlah cendol bersertifikat halal MUI, agar lebih tenang saat menikmati manisnya segelas cendol. 


Foto: Instagram @Escendolelizabethbogor