Arti Kalimat "No Pork No Lard". Benar Halal?

Arti Kalimat "No Pork No Lard". Benar Halal?

Sering melihat kalimat "No Pork No Lard" ditempel di depan pintu masuk restoran?  Nah, apa sih sebenarnya arti dalam kalimat tersebut? 


Arti dari kata pork yang adalah babi sudah banyak diketahui. Namun, apa itu lard? Lard adalah lemak babi dengan kandungan lemak yang sangat tinggi. 


Lard sering digunakan sebagai bahan biskuit, donat dan kue kering karena bisa membuat biskuit dan kue kering empuk dan renyah. 


Jadi, penting untuk mengetahui apakah donat atau biskuit yang kita konsumsi bebas dari lemak babi atau tidak. Apalagi saat kita berkunjung ke negara minoritas muslim, kebanyakan bakeri menggunakan lard untuk bahan adonan mereka. 


Bila ada restoran atau toko roti memasang tulisan "No Pork No Lard" sudah dipastikan bahwa bahan makanan yang digunakan tidak mengandung babi juga lemak babi. 


Namun, belum tentu makanan di restoran tersebut sudah halal secara keseluruhan. Karena halal juga menyangkut proses pemotongan daging apakah dilakukan di rumah pemotongan hewan yang halal atau tidak. Lalu ada lagi proses memasak, apakah masakan berbahan halal masih disatukan alatnya dengan masakan berbahan non halal. 


Dengan begitu, meski kita makan di restoran bertuliskan "No Pork No Lard" belum tentu restoran tersebut menyajikan makanan yang benar-benar halal. 


Memilih restoran yang sudah bersertifikat halal adalah pilihan yang paling bijak. Alasannya adalah karena restoran tersebut sudah melewati proses sertifikasi yang ketat dari lembaga yang terpercaya. 


Asri

Foto: Asri