7 Kelebihan Menginap di Hotel Syariah

7 Kelebihan Menginap di Hotel Syariah

 

Belakangan ini, Indonesia makin giat mengembangkan wisata syariah, termasuk menyediakan akomodasi berupa hotel syariah. Karena itu banyak bermunculan hotel syariah di berbagai kota. Bagi umat Islam, menginap di hotel syariah sangat menguntungkan. Apa saja nilai plus ketika menginap di hotel syariah? 

 

1.        Menyediakan makanan dan minuman yang sudah bersertifikat halal dari MUI. Baik yang ada di restoran, di kamar hingga menyediakan makanan berbuka   serta sahur ketika bulan Ramadhan tiba. 

2.        Tamu hotel mendapat informasi mengenai waktu sholat dengan mudah. Bahkan, ketika waktu sholat tiba, akan terdengar suara adzan. Di ruang lobi dan koridor hotel juga diperdengarkan alunan ayat suci Al-Qur’an atau musik religi. 

3.        Di setiap kamar terdapat fasilitas untuk beribadah seperti mukena, sajadah, Al-Quran serta penunjuk arah kiblat. Di beberapa hotel bahkan tersedia layanan tahajud call bagi tamu yang hendak melaksanakan sholat tahajud. 

4.        Pihak hotel akan memberikan informasi mengenai lokasi masjid terdekat, waktu sholat juga kegiatan bernuansa Islami. Pihak hotel juga akan memberi informasi mengenai restoran halal. 

5.        Di beberapa hotel syariah yang memiliki kolam renang harus terjaga dari pandangan umum yang dibedakan lokasinya antara lelaki dan perempuan. Begitu juga untuk ruangan spa, ruang untuk lelaki dan perempuan terpisah. 

6.        Hotel syariah juga melarang tamu berlainan jenis dalam satu kamar, kecuali bisa dibuktikan bahwa tamu tersebut adalah mahramnya, seperti pasangan suami dan istri atau kakak dan adik. 

7.        Karyawan yang menggunakan busana muslim yang sopan dan rapi membuat tamu hotel merasa lebih nyaman dan senang. 

 

Asri Mirza

Foto: dafamhotels.com