7 Jajanan Halal di Myeongdong Ini Rasanya Bikin Ketagihan

7 Jajanan Halal di Myeongdong Ini Rasanya Bikin Ketagihan

Jalan-jalan ke Seoul, Korea Selatan nggak lengkap rasanya tanpa mencoba street food Korea yang terkenal enak-enak itu. Tapi, sebagai seorang muslim rasa was-was kalau jajanan Korea tersebut mengandung makanan yang tidak halal pasti datang. 

 

Kalau kamu jalan-jalan ke Myeongdong, sebuah pusat belanja di Seoul, kamu akan melihat deretan kios jajanan dengan tulisan halal dimana-mana. Belum dipastikan apakah logo halal tersebut asli atau palsu. Sebaiknya cek terlebih dahulu logo sertifikat halal melalui lembaga halal yang diakui sebelum menikmati jajanan-jajanan ini. 

 

So, inilah 7 street food halal yang ada di sekitar Myeongdong!

 

1.        Tteokbokki

Kepopuleran Tteokbokki hampir menyamai Kimchi. Alasannya tidak lain dan tidak bukan karena jajanan ini sering muncul di serial drama favorit. Tteokbokki adalah kue beras yang dimasak dengan saus gochujang yang rasanya pedas. Disajikan dengan taburan daun bawang dan wijen, jajanan ini rasanya juara!



 

2.        Gyeranppang (Egg Bread)

Jajanan ini memadukan roti yang lembut dan terasa manis dengan rasa telur yang gurih. Rasanya mengejutkan karena seperti campuran dua rasa dalam satu suapan. Roti telur ini akan terasa nikmat saat dimakan panas. 



 

3.        Twigim

Bahasa Indonesia untuk makanan ini adalah gorengan. Bila di Indonesia gorengan adalah tempe, tahu dan pisang, di Korea gorengannya berupa cumi, olahan ikan, keju dan rumput laut. 



 

4.        Hotteok

Jajanan ini disebut juga pancake Korea. Adonan tepung yang dimasak dengan cara dipenyet memakai sebuah alat bulat. Rasanya yang manis dengan isian gula, madu, kacang dan sirup membuat kue ini cocok dimakan untuk pencuci mulut. 

 



5.        Bungeoppang

Nama lain untuk kue Taiyaki dalam bahasa Jepang yang berarti kue ikan. Adonan kue ini seperti waffle dengan isian kacang merah. Sekarang, Bungeoppang juga hadir dengan beragam isi, mulai dari kacang hijau, keju sampai es krim. 


 


6.        Roast Lobster with Cheese

Jajanan ini harganya sekitar 15.000 Won atau sekitar Rp180.000,-. Mahal untuk ukuran street food di sekitar Myeongdong. Tapi, rasanya yang enak banget, memang harus dicoba sih. Perpaduan udang segar dengan keju yang dibakar benar-benar meleleh di mulut.



 

7.        Gurita Panggang

Jajanan seafood lainnya yang wajib dicoba saat ke Myeongdong adalah gurita panggang. Rasa gurita yang kenyal, dipadukan saus pedas manis ini enak disantap saat panas. 

 



Nah, itulah 7 jajanan di Myeongdong, Seoul, Korea Selatan. Beberapa kios street food di Myeongdong memasang logo halal untuk menarik turis Muslim. Tidak jelas apakah logo halal tersebut tersertifikasi atau tidak. Sebaiknya cek terlebih dahulu logo sertifikat halal melalui lembaga halal yang diakui sebelum mencicipi jajanan-jajanan ini. Kebijakan untuk mencoba jajanan-jajanan tersebut dikembalikan lagi pada kamu.

 

Asri Mirza

Foto: Asri