7 Fakta Quinoa, Superfood Kaya Nutrisi dan Halal

7 Fakta Quinoa, Superfood Kaya Nutrisi dan Halal

Makanan yang termasuk dalam kelompok biji-bijian ini disebut sebagai superfood dan menjadi favorit penyuka hidup sehat. Berikut adalah 7 fakta quinoa yang harus kamu tahu!


1.Quinoa ditanam sejak 5000 tahun lalu di wilayah Pegunungan Andes; Peru, Bolivia, Kolombia, Ekuador dan Chili. 


2.Quinoa bentuknya seperti nasi dengan ukuran lebih kecil, namun memiliki kandungan karbohidrat yang lebih rendah. Rasanya lembut, renyah dan kenyal.


3.Quinoa mulai dikenal pada 2014 sesuai dengan tren vegan yang meningkat di tahun tersebut. Kandungan protein yang tinggi dan karbohidrat yang rendah membuat quinoa langsung menjadi favorit. 

 

4.Selain bisa didapatkan dalam bentuk biji alami, quinoa juga diadaptasi menjadi berbagai olahan seperti dijadikan tepung yang kemudian berkembang menjadi kue dan olahan lainnya. 


5.Rasa dan tekstur quinoa tetap sama, baik disajikan dingin maupun hangat. Hal ini menjadikan quinoa cocok dijadikan berbagai olahan masakan, mulai dari bubur, sup, kue dan campuran salad. 


6.Quinoa memiliki 120 jenis variasi yang hadir dalam berbagai warna, termasuk quinoa ungu. Namun, warna quinoa yang paling umum ditemukan adalah warna putih (disebut juga quinoa gading atau kuning), merah dan hitam. 


7.Di website halalmui.org, ada lebih dari 25 produk quinoa yang telah mendapat sertifikat halal MUI. Produk quinoa yang halal MUI ini beragam, mulai dari quinoa alami, tepung, sereal, hingga mie.


Asri

Foto: 123rf